IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education
Vol. 8 No. 2 (2023): Volume 08 No 2 2023

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MEMORY GAME (FLIP CARD) UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA DALAM MENERAPKAN PEMROGRAMAN WEB DI SMKS SEMEN GRESIK

Wahidin, Fihud Amien (Unknown)
Sujatmiko, Bambang (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2023

Abstract

Pendidikan merupakan aspek penting dalam menghadapi perkembangan kehidupan dan peradaban manusia di era saat ini. Dalam rangka mencapai perkembangan pendidikan yang lebih baik, diperlukan proses pembelajaran yang efektif. Namun, di beberapa sekolah khususnya SMKS Semen Gresik, proses pembelajaran masih cenderung konvensional dan belum memanfaatkan media yang efektif. Penelitian ini memiliki tujuan yakni pengembangan media pembelajaran berbasis Memory Game (Flip Card) untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam menerapkan pemrograman web di SMKS Semen Gresik. Observasi ini memakai metode RnD dengan model ADDIE. Proses pengembangan melibatkan validasi oleh tiga validator untuk mendesain uji coba. Setelah itu, uji coba dilakukan pada siswa kelas XI RPL 1&2 di SMKS Semen Gresik dengan menggunakan pretest dan posttest untuk mengukur peningkatan kompetensi siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa aplikasi memory game (Flip Card) yang dikembangkan mendapat persentase validasi sebesar 89,41% untuk media pembelajaran, 90,00% untuk instrumen soal, dan 89,33% untuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Memory Game (Flip Card) dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam menerapkan pemrograman web.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

it-edu

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

IT-Edu merupakan jurnal yang berisi kajian tentang pengembangan dan penerapan teknologi pembelajaran yang didukung dengan teknologi informasi bidang ilmu Rekayasa Perangkat Lunak dan Game serta Jaringan ...