Dalam Upaya Membentuk Karakter Kebangsaan Siswa Di SMP Negeri 1 Empanang Kapuas Hulu Tahun Pelajaran 2020/2021. Untukmendeskripsikan implementasi nilai-nilai Pancasila di masa Pandemi Covid-19 melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan pembinaan di luar jam pelajaran seperti kegiatan ekstrakulikuler, untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat, serta mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru PKn dalam membentuk karakter kebangsaan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Implementasi nilai-nilai Pancasila oleh guru PKn dilakukan melalui kegiatan pembelajaran PKn dan pembinaan di luar jam pelajaran dengan mengupayakan penerapan setiap sila-sila Pancasila dalam setiap materi sesuai dengan RPP 2) faktor pendukung mewujudkan visi misi sekolah, mewujudkan program 9 K, serta melaksanakan kebijakan yang sudah ditentukan kepala sekolah. Faktor penghambat kurangnya sarana dan prasarana, aktivitas pembelajaran berkurang, kurangnya ketersediaan buku/sumber belajar di perpustakaan sekolah, masih banyak siswa yang tidak memiliki HP serta keterbatasan akses internet dalam mengikuti pembelajaran di masa pandemi Covid-19. 3) menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam membentuk karakter kebangsaan siswa melalui ikut kegiatan sekolah seperti pengarahan dari Kepala sekolah dan ikut memperingati hari besar nasional. Kata Kunci: nilai-nilai Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Oleh Guru PKn pancasila, peran guru PKn, karakter kebangsaan
Copyrights © 2021