Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dapat meningkatkan hasil belajarsiswa kelas VIII SMPN 07 Belitang Hulu tahun pelajaran 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 07 Belitang Hulu tahun pelajaran 2016/2017yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang mempunyai empat komponen, yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Kriteria keberhasilan tindakan untuk hasil belajar adalah dengan batas tuntas 71 (KKM=71) dan ketuntasan kelas sebesar 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar PKn pada kondisi awal (tes kemampuan awal), siklusI, dan siklus II. Pada nilai tes kemampuan awal rata- rata kelas hanya 53,5 dengan ketuntasan kelas sebesar 13,6% dan siswa yang memperoleh nilai ≥71 berjumlah 3 siswa. Pada siklus I mengalami peningkatan yaitu rata-rata kelas menjadi 69,7 dan ketuntasan kelas meningkat menjadi 68,2% (mengalami peningkatan sebesar 54,6%) dan siswa yang memperoleh nilai ≥71 berjumlah 15 orang. Selanjutnya pada siklus II juga mengalami peningkatan yaitu rata-rata kelas menjadi 76,5 dan ketuntasan kelas menjadi 86,4% (mengalami peningkatan sebesar 18,2%) dan siswa yang memperoleh nilai ≥71 berjumlah 19 siswa. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, dan Metode VCT
Copyrights © 2017