JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Vol 2, No 1 (2017): JURNAL PEKAN

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAANPOKOK BAHASAN PANCASILA SEBAGAIDASAR NEGARADI KELAS VIII SMP NEGERI 7 BELITANG HULU TAHUN PELAJARAN 2016/20

Juri Juri (STKIP PERSADA KHATULISTIWA SINTANG)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dapat meningkatkan hasil belajarsiswa kelas VIII  SMPN  07 Belitang Hulu tahun  pelajaran 2016/2017.  Bentuk penelitian  ini adalah   Penelitian  Tindakan  Kelas  (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu  perencanaan  tindakan,  pelaksanaan  tindakan,  observasi,  dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 07 Belitang Hulu tahun pelajaran 2016/2017yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, angket,  wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang mempunyai empat komponen, yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Kriteria keberhasilan tindakan untuk hasil belajar adalah dengan batas tuntas 71 (KKM=71) dan ketuntasan kelas sebesar 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa   terjadi  peningkatan  prestasi  belajar  PKn  pada   kondisi  awal  (tes kemampuan awal), siklusI, dan siklus II. Pada nilai tes kemampuan awal rata- rata kelas hanya 53,5 dengan ketuntasan kelas sebesar 13,6% dan siswa yang memperoleh nilai ≥71 berjumlah 3 siswa. Pada siklus I mengalami peningkatan yaitu rata-rata kelas menjadi 69,7 dan ketuntasan kelas meningkat menjadi 68,2% (mengalami peningkatan sebesar 54,6%) dan siswa yang memperoleh nilai ≥71 berjumlah 15 orang. Selanjutnya pada siklus II juga mengalami peningkatan yaitu  rata-rata  kelas  menjadi 76,5 dan ketuntasan   kelas  menjadi 86,4% (mengalami peningkatan sebesar 18,2%) dan siswa yang memperoleh nilai ≥71 berjumlah 19 siswa. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, dan Metode VCT

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

PEKAN

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL PEKAN: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan adalah jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, STKIP Persada Khatulistwa. Terbit 2 kali setahun (April dan Nopember). E-ISSN: 2540-8038. Jurnal ini yang menerima kontribusi tulisan/artikel yang berkaitan dengan ...