Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran
Vol. 7 No. 2 (2024): Mei - Agustus 2024

TPACK Terintegrasi Tri N Berbantuan Media Poster Digital dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar

Fitri Dwi Ningsih (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Ana Fitrotun Nisa (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Insanul Qisti Bariyah (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan technology pedagogical content knowledge terintegrasi ajaran Tri N (niteni, niroke, nambahi) berbantuan media poster digital dalam mengembangkan kreativitas siswa SD. Implementasi pembelajaran dilaksanakan pada mata pelajaran SBdP terintegrasi dengan IPA. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yang diteliti berjumlah 18 siswa kelas VI SD. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan pengumpulan data reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan mengimplementasikan media poster digital melalui pendekatan TPACK terintegrasi ajaran Tri N membuat siswa mempunyai sikap kreativitas yang tinggi sehingga mampu menciptakan karya inovatif yang dapat memberikan bekal bagi siswa supaya mampu menyesuaikan diri dengan perubahan zaman.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jsgp

Publisher

Subject

Education

Description

JSGP (Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, ISSN 2654-6477) is an academic publication media managed by the Faculty of Teacher Training and Education and published by Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP). Publishing research results and theoretical studies in the field of education, JSGP is a ...