Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran
Vol. 7 No. 2 (2024): Mei - Agustus 2024

Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar

Dian Amrillah (Universitas Terbuka)
Rhini Fatmasari (Universitas Terbuka)
Agus Santoso (Universitas Terbuka)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dengan tujuan: 1) Menganalisis perbedaan hasil belajar Matematika antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran ceramah, 2) Menganalisis perbedaan hasil belajar Matematika antara siswa yang memiliki percaya diri tinggi dan siswa yang memiliki percaya diri rendah, 3) Menganalisis interaksi antara model pembelajaran discovery learning dan percaya diri siswa terhadap hasil belajar Matematika, 4) Menganalisis hasil perbedaan hasil belajar Matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan model pembelajaran ceramah pada siswa yang memiliki percaya diri tinggi, dan 5) Menganalisis hasil perbedaan hasil belajar Matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan model pembelajaran ceramah pada siswa yang memiliki percaya diri rendah. Penelitian ini dilakukan pada kelas siswa IV di Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor dengan sampel 81 siswa. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan dalam penelitian yaitu eksperimen Instrumen penelitian menggunakan angket dan tes hasil belajar. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Mann-Whitney dan Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Hasil belajar Matematika antara siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning tidak lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan metode pembelajaran ceramah, 2) Hasil belajar Matematika siswa yang memiliki percaya diri tinggi lebih tinggi daripada siswa yang memiliki percaya diri rendah, 3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran discovery learning dan percaya diri siswa terhadap hasil belajar Matematika, 4) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning tidak lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran ceramah pada siswa yang memiliki percaya diri tinggi, dan 5) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran ceramah lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning pada siswa yang memiliki percaya diri rendah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jsgp

Publisher

Subject

Education

Description

JSGP (Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, ISSN 2654-6477) is an academic publication media managed by the Faculty of Teacher Training and Education and published by Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP). Publishing research results and theoretical studies in the field of education, JSGP is a ...