Alhaqiqa: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Vol. 5 No. 1 (2024): Alhaqiqa: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam

Etika Dakwah dan Media Sosial: Menebar Kebaikan Tanpa Diskrimasi

Azis, Ahmad Ridhai (Unknown)
fahmi, Fahmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2021

Abstract

ABSTRAK Artikel ini membahas tentang konsep dakwah menurut Islam dan peran media sosial dalam berdakwah. Secara mendasar dakwah meliputi isi (esensi) dan cara (metode). Isi (materi) memang harus disampaikan sesuai dengan sumber normativitas agama, namun juga dituntut adanya kontekstualisasi. Apalagi metode penyampaiannya, harus senantiasa seiring dan selaras dengan perkembangan zaman. Dari hasil kajian yang penulis lakukan sampai pada kesimpulan bahwa; dakwah merupakan sebuah kewajiban bagi setiap muslim. Dakwah juga harus dilakukan dengan cara-cara yang arif dan bijaksana, tidak konfrontatif, diskriminatif dan provokatif. Media sosial dinilai efektif sebagai sarana berdakwah. Namun, berdakwah melalui media sosial harus memerhatikan etika dan norma-norma ber-medsos. Sehingga benar-benar mendatangkan kemanfaatan bukan sebaliknya menimbulkan permasalahan. Artikel ini ditulis dengan metode penelitian kepustakaan (Library Research).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alhaqiqa

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Alhaqiqa: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam adalah sebuah blind peer-reviewed yang diterbitkan oleh Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar, Polewali Mandar, Indonesia. Jurnal ini meneribitkan artikel penelitian, artikel konseptual, dan resensi buku dalam bidang ...