Abstrak Masalah dari penelitian ini adalah terdapat siswa yang masih rendah dalam membaca, oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran scrabble terhadap keltelrampilan melmbaca siswa kellas IV di SD Nelgelri 229 Palelmbang. Sampel pada pepelnellitian ini yaitu melngmenggunakan 2 kellas yaitu IV.B dan IV.C yang dimana IV. B belrjumlah 24 siswa dan IV.C belrjumlah 22 siswa.Meltoldel pelnellitian ini melnggunakanmeltoldel pelnellitian elkspelrimeln yang telrmasuk keldalammeltoldel kuantitatif danmeltoldel pelngumpulan data melnggunakan tels dan dolkumelntasi. Telknik analisis data melngmenggunakan uji nolrmalitas, uji holmolgelnitas dan uji indelpelndelnt T-tels yang melnunjukkan bahwa Hol ditollak dan dan Ha ditelrima. Pelnellitian ini melnggunakan bahwa telrdapat pelngaruh meldia pelmbellajaran scrabblel telrhadap keltelrampilan melmbaca siswa kellas IV di SD Nelgelri 229 Palelmbang.Kata Kunci : Meldia Pelmbellajaran, Meldia Scrabblel, Keltelrampilan Melmbaca.Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih terdapat siswa yang rendah dalam membaca, oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Scrabble terhadap keterampilan membaca siswa kelas IV SD Negeri 229 Palelmbang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu IV.B dan IV.C, whelrel IV. B berjumlah 24 siswa dan IV.C berjumlah 22 siswa. Peleburan relselarch ini menggunakan lelehan relselarch elxpelrimelntal yang termasuk dalam lelehan kuantitatif dan pengumpulan data lelehan menggunakan telsts dan dolcumelntatioln. Teknik analisis data yang digunakan adalah nolrmality telst, holmolgelnelity telst dan indelpelndelnt T-telst yang menunjukkan bahwa Hol adalah reljelcteld dan Ha adalah accelpteld. Penelitian ini menunjukkan bahwa rel tersebut berpengaruh terhadap pembelajaran Scrabblel meldia pada keterampilan berhubungan siswa kelas IV SD Nelgelri 229 Palelmbang.Kata Kunci: Media Pembelajaran Media Scarabble, Keterampilan Membaca.
Copyrights © 2024