AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis
VOL 8, NO 3, 2024

PREFERENSI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK STIK UBI UNGU DI UMKM FLAMBOYAN

Sri Yuliyana Lukman (Universitas Negeri Gorontalo)
Mahludin Baruwadi (Universitas Negeri Gorontalo)
Yuliana Bakari (Univeristas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen dalam pembelian produk stik ubi ungu. Besar sampel dalam penelitian ini sebanyak 43 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian uji t (parsial) menunjukkan bahwa variabel, harga produk tidak berpengaruh signifikan terhadap preferensi konsumen ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar -3,446, cita rasa berpengaruh signifikan terhadap preferensi konsumen ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 2,878, kemasan produk berpengaruh signifikan terhadap preferensi konsumen ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 4,209. Harga produk, cita rasa, dan kemasan produk secara simultan mempengaruhi preferensi konsumen ditunjukkan dengan nilai f hitung 10,714 f tabel 2,845 dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi menunjukkan bahwa 45,18%  perubahan variabel preferensi konsumen dapat dijelaskan oleh variabel harga, cita rasa, dan kemasan, sedangkan 54,82% dipengaruhi oleh faktor lain yang variabelnya tidak diteliti dalam penelitian ini

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

AGR

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

AGRINESIA: Jurnal Ilmiah Agribisnis is a scientific periodical published by the Department of Agribusiness, Faculty of Agriculture, Universitas Negeri Gorontalo. AGRINESIA is published three times a year in November, March, and July. AGRINESIA is a scientific forum for researchers, academics and ...