Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science
Vol 3 No 01 (2024): Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science

Analisis Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Produk, dan Strategi Pemasaran terhadap Daya Saing UKM di Pasar Lokal: Studi pada Industri Kreatif di Bandung, Indonesia

Sri Juminawati (UIN Jakarta)
Syamsulbahri Syamsulbahri (Philippine Women's University (PWU), Manila, Philippine/Al Madinah International University (MEDIU), Malaysia)
Iwan Harsono (Universitas Mataram Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini menyelidiki pengaruh orientasi pasar, inovasi produk, dan strategi pemasaran terhadap daya saing Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di industri kreatif Bandung, Indonesia. Analisis kuantitatif yang melibatkan 170 UKM menunjukkan hubungan positif yang signifikan antara orientasi pasar, inovasi produk, strategi pemasaran, dan daya saing UKM. Model pengukuran menunjukkan keandalan dan validitas yang kuat, didukung oleh analisis statistik yang ketat, termasuk Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS). Studi ini menekankan peran penting dari faktor-faktor ini dalam membentuk lanskap persaingan bagi UKM kreatif dan menawarkan wawasan praktis bagi bisnis, pembuat kebijakan, dan peneliti yang bertujuan untuk mendorong pertumbuhan di sektor yang dinamis ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jbmws

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science adalah Jurnal Manajemen dan Bisnis sebagai tempat untuk menyebarluaskan hasil penelitian, kajian dan ide di bidang manajemen dan bisnis yang diterbitkan oleh Westscience Press. Pertama kali diterbitkan pada tahun 2022.Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science ...