cover
Contact Name
Yana Priyana
Contact Email
mrpyana@gmail.com
Phone
+6282115575700
Journal Mail Official
info@westscience-press.com
Editorial Address
Grand Slipi Tower, level 42 Unit G-H Jl. S Parman Kav 22-24, RT. 01 RW. 04 Kel. Palmerah Kec. Palmerah Jakarta Barat 11480
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science
Published by Westscience Press
ISSN : 29869927     EISSN : 29642957     DOI : https://doi.org/10.58812/jbmws.v2i02
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science adalah Jurnal Manajemen dan Bisnis sebagai tempat untuk menyebarluaskan hasil penelitian, kajian dan ide di bidang manajemen dan bisnis yang diterbitkan oleh Westscience Press. Pertama kali diterbitkan pada tahun 2022.Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science adalah Jurnal Manajemen dan Bisnis sebagai tempat untuk menyebarluaskan hasil penelitian, kajian dan ide di bidang manajemen dan bisnis yang diterbitkan oleh Westscience Press. Pertama kali diterbitkan pada tahun 2022.
Articles 182 Documents
PENGARUH CR DER DAN ROA TERHADAP HARGA SAHAM PADA PT SEMEN INDONESIA (PERSERO) Tbk 2010-2020 Alfian Alfiansyah; Ajie Asmoro; Rahma Oktaviani
Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science Vol 1 No 01 (2022): Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science
Publisher : Westscience Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (444.719 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh CR, DER dan ROA secara persial maupun simultan terhadap harga saham perusahaan PT Semen Indonesia Persero, Tbk periode 2010-2020. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh laporan keuangan PT Semen Indonesia Persero, Tbk periode 2010-2020. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Data sekunder yang diambil adalah laporan keuangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CR berpengaruh tidak signifikan terhadap harga saham. Dimana diperoleh nilai nilai thitung lebih kecil dari ttabel atau 884<2,306 dan diperkuat dengan nilai nilai sig 0,406>0,05. ROA berpengaruh signifikan terhadap harga saham dimana diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel atau 1,380<2,306 dan diperkuat dengan nilai sig 0,210<0,05. DER berpengaruh tidak signifikan terhadap Harga Saham dimana diperoleh nilai thitung lebih kecil ttabel atau 0,792<2,306, hal ini juga diperkuat dengan p value nilai sig 0,454 > 0,005. CR, ROA, dan DER berpengaruh tidak signifikan terhadap Harga Saham dimana diperoleh bahwa Fhitung 0,636 < Ftabel 4,07 dengan taraf signifikan 0,615>0,05.
Badan POM Mendukung Perkembangan Ekonomi Melalui Pembinaan UMKM Pangan Ajeng I Rosalina; Rakhmawati Rosydah
Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science Vol 1 No 01 (2022): Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science
Publisher : Westscience Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (629.92 KB)

Abstract

Pandemi Covid-19 membawa berbagai perubahan salah satunya adalah pola konsumsi pangan masyarakat, konsumsi pangan jenis tertentu meningkat signifikan dan masyarakat diharuskan lebih banyak di rumah. Hal ini direspon dengan baik oleh para produsen pangan yang salah satunya adalah UMKM, dan UMKM di Indonesia masih berada di sektor informal dan perlu dorongan untuk bertransformasi ke sektor formal. Undang-Undang Cipta Kerja disusun Pemerintah salah satunya untuk mengatur kemudahan, perlindungan, dan pemberdayaan UMKM sebagai pilar perekonomian Nasional. Badan POM memiliki fungsi pengawasan obat dan makanan baik pre-market maupun post market, melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia secara aktif memberikan penyuluhan dan pendampingan terhadap UMKM melalui kegiatan fasilitasi industri pangan UMKM yang telah dilaksanakan sejak tahun 2019 dan masih berlangsung hingga saat ini. Dilakukan pemberian skor dari hasil visitasi pada pra pembinaan, pembinaan, penilaian akhir, hingga penerbitan rekomendasi penerapan CPPOB pada fasilitasi UMKM pangan tahun 2020, dan analisis statistik untuk membuktikan hasil penilaian pra pembinaan hingga mendapatkan Nomor Izin Edar (NIE). Dari hasil uji korelasi multivariat diperoleh bahwa dari variabel dependen aspek Dokumentasi, Penyimpanan, Sanitasi dan Hygiene, serta Bangunan dan Fasilitas, tidak satupun yang menunjukkan pengaruh signifikan (sig > 0,05). Sehingga hasil penilaian awal sarana tidak sepenuhnya dapat dijadikan sebagai dasar bagi Badan POM dalam memilih sarana untuk difasilitasi. Faktor tidak terukur lain yang dapat mempengaruhi capaian sarana dalam memenuhi pedoman CPPOB dan memperoleh nomor izin edar produk diantaranya kemauan sarana, dorongan dari BPOM sebagai pengawas dan penerbit izin edar, dan kondisi finansial sarana.
Pengaruh DER Dan TATO Terhadap EPS Pada Pt Kalbe Farma Tbk Periode 2012-2021 Rizki Amalia; Mar'atus Solikhah; Febriwati Halawa
Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science Vol 1 No 01 (2022): Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science
Publisher : Westscience Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (477.428 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  Debt To Equity Ratio (DER) dan Total Asset Turnover  (TATO) terhadap Earning  Per Share (EPS) pada PT Kalbe Farma Tbk periode 2012-2021. Metode yang digunakan berupa studi analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Analisa data yang digunakan meliputi uji deskriptif, uji ansumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji T, uji F dan uji determinasi.. Hasil penelitian menunjukkan Debt To Equity Ratio (EPS) tidak berpengaruh terhadap Earning Per Share (EPS) pada PT Kalbe Farma Tbk periode 2012-2021 yang dibuktikan dengan nilai signifikansi  variabel Debt to Equity Ratio (DER) sebesar 0.918 atau lebih besar dari 0.05 sedangkan Total Assets Turnover (TATO) berpengaruh terhadap Earning Per Share (EPS) pada PT Kalbe Farma Tbk periode 2012-2021  yang dibuktikan dengan nilai signifikansi variabel Total Assets Turnover (TATO) sebesar 0.001 atau lebih kecil dari 0.05.
Analisis Pengaruh Globalisasi Dan Perkembangan Teknologi Nuklir Terhadap Lingkungan Hidup Yang Berkelanjutan (Sustainable Environment) Lia Wulandari; Dandy Dermawan Umar; Dewi Septiani; Harvian Harsim Iskandar; Mutiara Safina; Vivih Ashfia Haq
Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science Vol 1 No 01 (2022): Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science
Publisher : Westscience Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (473.488 KB)

Abstract

Globalisasi telah mengkonstruksi sebuah isu lingkungan menjadi permasalahan yang cukup serius. Isu lingkungan merubah perspektif tentang ketahanan energi yang menjadi agenda kebijakan yang awalnya terpisah seperti pasokan bahan bakar untuk tentara dan transportasi, penyediaan tanpa gangguan listrik, dan memastikan efektivitas pasar dan investasi. Akibatnya kebijakan mengenai keamanan energi dan political policy tidak bisa dipisahkan. Sebuah revolusi yang seharusnya menjadi teknologi tidak tergantikan berakhir menjadi evaluasi dari negara. PLTN memang dirancang sebagai teknologi ramah lingkungan untuk menggantikan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Namun ada beberapa negara yang telah memutuskan untuk tidak menggunakan Nuklir sebagai ketahanan energi di era globalisasi saat ini. Metode dalam penelitian ini adalah dengan referensi studi pustaka yang menghasilkan sebuah penelitian berbasis data tertulis.
Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Hafid Maulana; Nina Eva Oktaviani; Novita Handayani
Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science Vol 1 No 01 (2022): Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science
Publisher : Westscience Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (375.529 KB)

Abstract

Jurnal yang berjudul “Pengaruh Kualitas Produk, harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee” merupakan hasil penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah 106 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diolah menggunakan SPSS versi 26. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 1.065 dan nilai signifikansi sebesar 0,425. Harga berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee, hal tersebut dibuktikan dengan nilai t-hitung sebesar 5.469 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Promosi berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee, hal tersebut dibuktikan dengan nilai t-hitung sebesar 4.989 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Sedangkan, berdasarkan hasil perhitungan statistik uji simultan, maka dapat disimpulkan bahwa kualitas produk, harga dan promosi berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee, hal tersebut dibuktikan dengan nilai F-hitung sebesar 110,142 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 serta koefisien determinasi yakni 0,825 yang berarti bahwa keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel kualitas dan promosi sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak terdapat dalam penelitian ini.
Analisis Faktor Pendorong Loyalitas Pemain Game (Consumer Loyalty) Terhadap Mobile Games dengan Fokus Studi Mobile Legend Anita Rizkiyani; Prof. Dr. Ir. Dadang Gunawan, M.Eng.
Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science
Publisher : Westscience Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (534.499 KB) | DOI: 10.58812/jbmws.v2i1.122

Abstract

Keberadaan internet menjadi hal yang penting untuk masa sekarang. Pemanfaatan internet juga semakin meluas, tak terbatas hanya memfasilitasi komunikasi dan berbagi informasi, akan tetapi internet juga banyak digunakan sebagai sarana hiburan, salah satunya untuk bermain game. Mobile Legend  menjadi salah satu   Mobile Game  berbasis kan internet dan juga memiliki pemain (pelanggan) dengan jumlah yang besar di Indonesia. Dengan jumlah pemain aktif yang tinggi, perlu untuk dianalisa mengenai loyalitas dari para pemain. Loyalitas (Customer Loyalty) ini dapat diteliti berdasarkan empat variabel utama yaitu Product Feature yang berfokus pada Gameplay dan User Interface. Lalu Price pada faktor Price on The Game dan Price of The Virtual Item. Game Designed dengan aspek Game Value, Interaction dan Community. Serta Operator Telekomunikasi dengan menganalisis faktor Infrastructure Provider, Ecosystem Development Partner dan juga Sales Partner. Analisis data untuk penelitian ini akan menggunakan SPSS edisi 25 dan AMOS. Operator Telekomunikasi hanya memberikan pengaruh akan tetapi tidak besar dan perlunya perencanaan lebih matang untuk pengembangan infrastruktur dan juga penjualan. Lain halnya dengan Product Feature, hanya sebesar 1% pengaruh yang diberikan terhadap loyalitas pemain. Serta Product Features tidak signifikan dikarenakan adanya saturasi permainan. Selain itu Price termasuk signifikan dikarenakan karena ada banyaknya interaksi yang bisa dilakukan selama bermain serta dorongan yang berasal dari komunitas-komunitas yang ada, sehingga meningkatkan loyalitas dari pemain. Game Value memiliki pengaruh terbesar dalam menjaga loyalitas pemain. Tingginya nilai yang didapatkan karena ada banyaknya interaksi yang bisa dilakukan selama bermain serta dorongan yang berasal dari komunitas-komunitas yang ada, sehingga meningkatkan loyalitas dari pemain.
Peran Administrasi Organisasi Pada UKM Inovasi Energi Universitas Pertamina tahun 2019 Revo Gilang Firdaus
Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science
Publisher : Westscience Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (407.495 KB) | DOI: 10.58812/jbmws.v2i1.171

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peran administrasi pada tiga lapisan di bawahnya, yakni kepemimpinan, manajemen, dan organisasi serta pendalaman akan lapisan tersebut terlebih dalam hal implementasi pada UKM IE dan pengukuran dilakukan dengan melihat kinerja UKM IE. Jenis analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif disertai teknik triangulasi dengan objek penelitian adalah UKM Inovasi Energi Universitas Pertamina tahun 2019. Kinerja UKM IE 2019 dilihat dari segi proses perkembangan program kerja dan perilaku administrasi yang telah dibangun. Pada penelitian ini, didapatkan bahwa administrasi pada organisasi baru memiliki kelebihan dan kekurangan yang sangat fleksibel sehingga diperlukan adaptasi. Representasi oleh program kerja yang terealisasi melebihi target serta organisasi yang terus berkembang mendefinisikan bahwa administrasi pada UKM IE terlaksana dengan cukup baik meskipun organisasi baru. Keterlibatan seluruh SDM pada setiap lapisan bekerja dengan cukup baik dan menjalankan setiap fungsi dan tugas sesuai tanggung jawab yang diberikan menjadi faktor penting kesuksesan UKM IE. Sedangkan pada penelitian berikutnya diharapkan dapat mengidentifikasi pengaruh variabel lain yakni faktor eksternal seperti regulasi dan kebijakan kampus pada dampak administrasi organisasi.
Pengaruh Eksterior (Luar Toko), Interior (Internal Store), Layout Toko (Store Layout) Dan Interior Display (Storage Arrangements) Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Eceran Modern (Survei Konsumen Ritel Modern di Kabupaten Sukabumi) Aris Riswanto; Abu Bakar, MM
Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science
Publisher : Westscience Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (372.79 KB) | DOI: 10.58812/jbmws.v2i1.177

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian konsumen ritel modern yang mengalami perubahan perilaku sehingga pengecer mengalami penurunan pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu bukti atau fakta empiris tentang pengaruh eksterior, interior, tata letak toko dan tampilan interior terhadap keputusan pembelian pada toko ritel modern. Populasi dalam penelitian ini menggunakan teknik judgement sampling yang menggunakan 100 responden untuk dijadikan sampel dengan kriteria yang dipilih oleh peneliti. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan metode verifikatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau angket. Metode statistik yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan koefisien determinasi. Pengujian statistik menggunakan aplikasi SPSS versi 21. Berdasarkan hasil penelitian dari hasil koefisien determinasi menunjukkan eksterior, interior, tata letak toko dan tampilan interior secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen ritel modern sebesar 5 2,8 % dan sisanya 47,2 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini . Sedangkan berdasarkan hasil pengujian regresi berganda menurut sebagian eksterior (luar toko), interior (dalam toko), tata letak toko (store layout) dan tampilan interior (in-store arrangement) terhadap keputusan pembelian di toko modern toko ritel.
Pengaruh Brand Ambassador Idol Korea Dalam Mempromosikan Produk Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Dan Minat Pembelian Di Indonesia (Literatur Review) Retnoning Ambarwati; Susi Arijanti; Imam Jayanto
Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science
Publisher : Westscience Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.394 KB) | DOI: 10.58812/jbmws.v2i1.193

Abstract

The purpose of this research is to find out the influence of Korean idol brand ambassadors in promoting products and thei impact on purchasing decisions and interests in Indonesia. Brand Ambassador is a person who is invited by the company to became an icon or “Face” of a brand or product. Brand Ambassador is usually a person from an influential circle that can have an impact oh the community. The method used using the Google Scholar database. Then obtained 8 articles to be analyzed and reviewed. The result of this research is that Brand Ambassador Idol Korea isa influential in promoting and also influences the interest anf purchashing decisions.  
Pengaruh Kepribadian Terhadap Kinerja Karyawan Yayat Suharyat; Alvianus Kristian Sumual; Nunik Yudaningsih; Dr. Aaltje Sofietje Pangemanan, MM; Puput Wulandari
Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science Vol 2 No 1 (2023): Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science
Publisher : Westscience Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (412.533 KB) | DOI: 10.58812/jbmws.v2i1.195

Abstract

A person's personality affects their performance, with appropriate placement of talents and potential to increase work productivity. Employees who stand alone are organizational organizations in the framework of competition. Competition in organizations is usually in the form of new ideas, fast service, and accurate decisions. To support this, adequate Human Resources (HR) and satisfying services are needed. To support these services, employees who have a personality and motivation that reflect attitudes are needed. The company in carrying out its activities is supported by human resources, namely employees who excel with a constructive attitude and character, have high responsiveness and are creative. Such as those who run Subekhi and Mohammad (2012: 16), namely in large organizations, large capital, sophisticated technology, natural resources that are impossible to use without adequate human resources, have the ability and competence to utilize environmental resources. Likewise, in the field of work personality, it contributes to work. This is related to personality factors which also determine the suitability of a person's job. There are several types of work according to the type of personality.

Page 1 of 19 | Total Record : 182