Jurnal Multidisiplin West Science
Vol 3 No 01 (2024): Jurnal Multidisiplin West Science

Analisis Pengalaman Pelanggan sebagai Fokus Utama dalam Pemasaran Bisnis di Industri Manufaktur

Muhammad Hakim Azizi (Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Surakarta)
Tsaalis Bachtiar (Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Surakarta)
Fenny Fenny (STIE Eka Prasetya)
Eva Yuniarti Utami (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini membahas peran penting pengalaman pelanggan dalam pemasaran bisnis di industri manufaktur, dengan fokus pada konteks Kalimantan, Indonesia. Industri manufaktur di wilayah ini mengalami perubahan signifikan dalam strategi pemasaran, dengan pergeseran paradigma dari fokus produk menjadi pelanggan. Pengalaman pelanggan melibatkan semua aspek interaksi pelanggan dengan perusahaan, termasuk kualitas produk, layanan pelanggan, komunikasi merek, dan integrasi teknologi digital. Teknologi seperti Internet of Things, big data analytics, dan kecerdasan buatan telah memungkinkan perusahaan manufaktur untuk meningkatkan personalisasi dan relevansi pengalaman pelanggan. Analisis bibliometrik menunjukkan tren penelitian, istilah kunci, dan potensi topik penelitian di masa depan yang akan membantu perusahaan manufaktur dan peneliti dalam upaya mereka untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan mencapai keunggulan kompetitif dalam industri yang dinamis ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jmws

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, Ekonomi Bisnis , Koperasi & Perbankan, Ekonomi Syariah, Ekonomi Pembangunan, Pengembangan SDM, Perpajakan dan Asuransi Niaga. Jurnal ini diterbitkan oleh West Science ...