Jurnal Multidisiplin West Science
Vol 3 No 05 (2024): Jurnal Multidisiplin West Science

Pengaruh Sertifikasi Halal, Pemasaran Produk Halal, dan Kepuasan Konsumen terhadap Pertumbuhan Industri Halal di Indonesia

Khairiah Elwardah (UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu)
Yusniar Yusniar (STAI tgk Chik Pante kulu)
Septianti Permatasari Palembang (Universitas Pattimura)
Budi Harto (Politeknik LP3I)
Nuryati Solapari (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Penelitian ini menyelidiki pengaruh sertifikasi Halal, pemasaran produk Halal, dan kepuasan konsumen terhadap pertumbuhan industri Halal di Indonesia melalui analisis kuantitatif. Sampel sebanyak 175 responden yang mewakili konsumen dan pemangku kepentingan industri berpartisipasi dalam penelitian ini. Structural Equation Modeling (SEM) dengan Partial Least Squares (PLS) digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan efek positif yang signifikan dari sertifikasi Halal, pemasaran produk Halal, dan kepuasan konsumen terhadap pertumbuhan industri. Sertifikasi halal berfungsi sebagai mekanisme jaminan kualitas, sementara strategi pemasaran yang efektif dan kepuasan konsumen berkontribusi pada perluasan pasar dan daya saing. Temuan ini memiliki implikasi bagi pelaku usaha, pembuat kebijakan, dan pemangku kepentingan yang bertujuan untuk mendorong pengembangan industri dan meningkatkan daya saing di pasar Halal Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jmws

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, Ekonomi Bisnis , Koperasi & Perbankan, Ekonomi Syariah, Ekonomi Pembangunan, Pengembangan SDM, Perpajakan dan Asuransi Niaga. Jurnal ini diterbitkan oleh West Science ...