Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
Vol 4 No 2 (2024): Volume 4 Nomor 2, Mei 2024

Pengembangan Media Permainan Edukatif Karambol Pada Materi Perumusan Pancasila Untuk Meningkatkan Karakter Gotong Royong Siswa Kelas 4 Sdi Maarif Tawangsari Kabupaten Blitar

Murtaslimah, Siti (Unknown)
Alfi, Cindya (Unknown)
Fatih, Mohamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2024

Abstract

Media pembelajaran merupakan benda atau alat yang digunakan untuk membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik yang diMedia pembelajaran merupakan benda atau alat yang digunakan untuk membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik yang ditangkap melalui alat indera dengan tujuan untuk mencapai pembelajaran. Sehingga, media sangat perlu digunakan dalam membantu penyampaian materi dalam proses pembelajaran. Namun dalam pelaksanaan pembelajaran berlangsung, guru menjadi sumber belajar utama dengan cara ceramah. Siswa-siswi lebih banyak belajar secara individu. Pembelajaran di kelas pada siswa kelas IV SDI Ma’arif Tawangsari Garum hendaknya tidak hanya berfokus individual namun juga harus kelompok. Media permainan edukarif karambol dikembangkan sebagai alternatif pemecahan masalah dalam pembelajaran PKN khususnya materi perumusan pancasila. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menguji tingkat kevalidan, kelayakan, dan peningkatan karakter gotong royong siswa kelas IV SDI Ma’rif Tawangsari Garum. Penelitian dan pengembangan ini mengambil model penelitian dari sugiyono (2016) yaitu ADDIE yang terdiridari 1) analysis, 2) design, 3) development,4) implementation, 5) evaluation. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan hasil media permainan karambol dari ahli media pembelajaran sebesar 92,5%, dari ahli materi sebesar 95%, dan hasil uji coba dari angket respon siswa sebesar 85%. tangkap melalui alat indera dengan tujuan untuk mencapai pembelajaran. Sehingga, media sangat perlu digunakan dalam membantu penyampaian materi dalam proses pembelajaran. Namun dalam pelaksanaan pembelajaran berlangsung, guru menjadi sumber belajar utama dengan cara ceramah. Siswa-siswi lebih banyak belajar secara individu. Pembelajaran di kelas pada siswa kelas IV SDI Ma’arif Tawangsari Garum hendaknya tidak hanya berfokus individual namun juga harus kelompok. Media permainan edukarif karambol dikembangkan sebagai alternatif pemecahan masalah dalam pembelajaran PKN khususnya materi perumusan pancasila. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menguji tingkat kevalidan, kelayakan, dan peningkatan karakter gotong royong siswa kelas IV SDI Ma’rif Tawangsari Garum. Penelitian dan pengembangan ini mengambil model penelitian dari sugiyono (2016) yaitu ADDIE yang terdiridari 1) analysis, 2) design, 3) development,4) implementation, 5) evaluation. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan hasil media permainan karambol dari ahli media pembelajaran sebesar 92,5%, dari ahli materi sebesar 95%, dan hasil uji coba dari angket respon siswa sebesar 85%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian tentang kependidikan dasaran dengan berbagai topik kajian (sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, model, ...