Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan
Vol 4 No 2 (2024): Volume 4 Nomor 2, Mei 2024

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Teknik Dasar Bulutangkis pada Siswa Tunarungu

Amalia, Shofi Nur (Unknown)
Zahrani, Akhmad (Unknown)
Pambudi, Moch Rio (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan materi pembelajaran multimedia interaktif yang fokus pada teknik dasar bulutangkis, khususnya dirancang untuk mendukung siswa tunarungu dengan gaya belajar yang bervariasi. Model penelitian yang kami terapkan mengikuti pendekatan pengembangan Borg & Gall yang meliputi serangkaian langkah, mulai dari pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan tahap awal, revisi produk utama, uji coba lapangan utama, revisi produk operasional, uji lapangan operasional, revisi produk akhir, hingga diseminasi dan implementasi. Hasil validasi dari berbagai ahli, seperti ahli media, ahli materi, dan ahli praktisi, menunjukkan tingkat persetujuan yang tinggi, yaitu sebesar 92,1%, 96,6%, dan 98,3% secara berturut-turut. Berdasarkan hasil validasi ini, produk kami dianggap layak untuk diujicobakan. Selanjutnya, melalui serangkaian pertemuan dan uji coba efektivitas, kami mencatat bahwa lima siswa mengalami kemajuan signifikan dalam proses belajar menggunakan media pembelajaran interaktif teknik dasar bulutangkis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan hasil penelitian tentang kependidikan dasaran dengan berbagai topik kajian (sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan, belajar dan pembelajaran, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, model, ...