Seurune : Jurnal Psikologi Unsyiah
Vol 1, No 1: Januari 2018

METODE TOTAL TASK PRESENTATION CHAINING PADA ANAK DENGAN INTELLECTUAL DISABILITY-SEVERE

Mellisa Magdalena (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia)
Erniza Miranda Madjid (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2018

Abstract

Tujuan dari pelaksanaan program modifikasi perilaku ini adalah untuk meningkatkan kemampuan A, anak laki-laki berusia 6 tahun 9 bulan dengan intellectual disability-severe dalam memakai baju kaos tanpa kancing secara mandiri. Kondisi A saat ini belum dapat berbicara, tidak paham pemberian instruksi secara verbal, dan tidak dapat berpakaian sendiri. Metode modifikasi perilaku yang digunakan adalah total task presentation chaining yang disertai dengan pemberian prompt dan positive reinforcer. Prompt yang digunakan adalah video prompt, verbal prompt, gestural/ modeling prompt, dan physical prompt. Chain dari perilaku memakai baju kaos terdiri dari 4 langkah sederhana yang disesuaikan dengan kemampuan kognitif serta fisik A saat ini. Program modifikasi perilaku ini dapat dikatikan berhasil. Setelah melakukan 8 sesi dengan 3 kali latihan setiap sesi, A dapat melakukan 4 langkah tanpa bantuan orang lain. Kemampuan tersebut dikatakan konsisten dari data follow up yang dilakukan 1 minggu setelah sesi berakhir. 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

seurune

Publisher

Subject

Education Health Professions Public Health Social Sciences

Description

Seurune, Unsyiah Psychology Journal receives manuscripts that focused on psychological research and applied psychology. Humanities studies related to psychological science are the scope that also considered in Seurune: Jurnal Psikologi ...