DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics
Vol 5, No 2 (2023)

Penerapan Model PSP (Problem Solving Based Prezi) untuk Meningkatkan Critical Thinking Skills Siswa

Rahayu, Nenden Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2024

Abstract

Riset ini dilakukan karena rendahnya critical thinking skills siswa dalam memecahkan permasalahan pada mata pelajaran fisika. Rendahnya critical thinking skills siswa disebabkan oleh penerapan model pembelajaran yang dipakai para guru yang belum berpusat pada siswa. Metode kuasi eksperimen digunakan dalam riset ini, dimana kelas X-MIA 2 selaku kelas eksperimen dan kelas X-MIA 3 selaku kelas kontrol. Teknik sampling dilakukan secara langsung, dengan melihat kriteria tertentu yang dibutuhkan oleh peneliti. Instrumen penelitian yang dipakai berupa pretest-posttest untuk mengetahui peningkatan critical thinking skills siswa. Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan critical thinking skills siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol secara signifikan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Diffraction

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Environmental Science Materials Science & Nanotechnology Physics Social Sciences

Description

Jurnal DIFFRACTION mempublikasikan temuan baru yang signifikan terkait dengan fisika pendidikan dan fisika terapan, meliputi: pembelajaran fisika, penilaian pendidikan fisika, kebijakan pendidikan fisika, pengembangan media pembelajaran fisika, bahan ajar fisika, serta fisika ...