Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan
Vol 1 No 1 (2021): Volume 1, Nomor 1, Juli 2021

Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Siti Suwantin (SDN Payungrejo Kec. Kutorejo Kab. Mojokerto)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa Kelas III SD Negeri Payungrejo Ketuntasan hasil belajar secara klasikal masih rendah yaitu 65% mempunyai nilai di bawah KKM (nilai 70). Tujuan penelian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Payungrejo Kecamatan Kutorejo sebanyak 20 siswa. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar tes hasil belajar dan lembar aktivitas belajar siswa. Setelah dilakukan analisis data, disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I prosentase aktivitas belajar siswa sebesar 55% meningkat menjadi 85% pada siklus II, sedangkan ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 65% pada siklus I meningkat menjadi 90% pada siklus II. Ini menunjukan peningkatan hasil belajar yang cukup signifikan. Berdasarkan data–data tersebut pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat digunakan alternative dalam meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jprp

Publisher

Subject

Education

Description

This journal receives scientific articles relating to education including formal, informal, and non-formal education. The scope of this journal is the whole family of educational and learning ...