Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan
Vol 1 No 2 (2021): Volume 1, Nomor 2, Oktober 2021

Penerapan Metode Drill Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kosakata Bahasa Inggris Dengan Penggunaan Media Kartu Kata

Arina Aswin Hartati (UPTD SMP Negeri 1 Grogol Kediri)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2021

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah: 1). Mendeskripsikan penerapan metode drill dalam meningkatkan kemampuan membaca kosa kata Bahasa Inggris dengan menggunakan media kartu kata. 2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan penguasaan kosa kata Bahasa Inggris melalui penerapan metode drill dengan menggunakan media kartu kata. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan hasil pembahasan dalam penelitian ini, dapat dibuktikan bahwa dengan menerapkan metode drill serta penggunaan media kartu kata dengan baik dan lancar dapat meningkatkan kemampuan membaca kosakata bahasa inggris pada siswa kelas VII-GSMP Negeri 1 Grogol semester I tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini dapat diketahui dari hasil tes membaca kosakata Bahasa inggris mulai siklus I sampai siklus III. Pada siklus I siswa yang sudah baik dalam membaca kosakata bahasa inggris dengan lafal yang tepat sebanyak 19 anak (59 %). Sedangkan pada siklus II siswa yang sudak baik dalam membaca sebanyak 24 anak (75 %). Pada siklus III kemampuan siswa yang sudah baik dalam membaca kosakata Bahasa inggris meningkat menjadi 28 anak (87,5 %). Oleh karena itu, berdasarkan indikator keberhasilan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode drill serta penggunaan media kartu kata dengan baik dan lancar dapat meningkatkan kemampuan membaca kosa kata bahasa inggris dengan lafal yang tepat pada siswa kelas VII-GSMP Negeri 1 Grogol semester I tahun pelajaran 2017/2018.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jprp

Publisher

Subject

Education

Description

This journal receives scientific articles relating to education including formal, informal, and non-formal education. The scope of this journal is the whole family of educational and learning ...