Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (action research) sebanyak dua putaran (2 siklus). Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Ngunut kelas IX-F tahun pelajaran 2022-2023. Dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2022-2023 di SMP Negeri 1 Ngunut, penelitian ini menggunakan perlakuan model pembelajaran cooperative script untuk kelas IX-F dilaksanakan dalam 3 minggu dalam 6 pertemuan pada materi menjelaskan dan menyelesaikan masalah Transformasi Geometri. Model Pembelajaran Cooperative Script baik digunakan dalam pembelajaran untuk menumbuhkan ide-ide atau gagasan baru (dalam pemecahan suatu permasalahan), daya berfikir kritis serta mengembangkan jiwa keberanian dalam menyampaikan hal-hal baru yang diyakininya benar (Susiloyoga, 2016). Dari data yang ada menunjukkan bahwa rata-rata hasil tes pra-siklus adalah 75,00,sedangkan rata-rata hasil tes siklus I mendapatkan 84,00 sedangkan setelah tes akhir siklus II rata-rata skor yang didapatkan siswa kelas IX-F adalah 91,00. Dengan prosedur penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa penggunaan perlakuan model pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam menjelaskan dan menyelesaikan masalah Transformasi Geometri pada siswa kelas IX-F SMP Negeri 1 Ngunut tahun pelajaran 2022-2023.
Copyrights © 2023