Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan
Vol 3 No 3 (2023): Volume 3, Nomor 3, Juli 2023

Efektivitas Pemberian Asesmen Diagnostik untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Ekologi pada Siswa Kelas 7C SMPN 1 Jabung Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023

Wahyuni, Heri Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Berdasarkan permendikbudristek No.56 tahun 2022 terkait pedoman penerapan kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran, pemerintah mengeluarkan kebijakan terkait pengembangan kurikulum merdeka yang diberikan kepada satuan pendidikan. Melalui kurikulum ini, pemerintah berharap tujuan dari pembelajaran mampu untuk mengasah minat dan bakat anak sejak dini dengan berfokus pada materi esensial. pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik. Kurikulum merdeka hadir dengan harapan bahwa setiap guru mampu merencanakan perangkat ajar yang sesuai dengan kebutuhan belajar, minat serta kompetensi masing-masing peserta didik. Untuk mempersiapkan dan merencanakan perangkat pembelajaran dalam Implementasi kurikulum merdeka (IKM), Guru akan memerlukan data ataupun keterangan kondisi awal mengenai peserta didik yang dapat diperoleh melalui Asesmen Diagnostik di awal pembelajaran. Keberhasilan siswa dalam belajar dipengaruhi oleh banyak faktor, satu diantara faktornya adalah kesiapan siswa untuk belajar mandiri dan mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik. Hasil belajar akan mekaimal jika siswa siap untuk menyerap informasi yang baru dan bermutu sehingga tercipta kreatifitas dan penalaran secara kritis dalam memecahkan suatu masalah, merefleksikan kegiatan belajar dan menyimak ketuntasan yang dicapai, serta didukung suasana pembelajaran yang kondusif yang memungkinkan siswa dapat belajar sesuai gaya belajar yang dimiliki, serta tidak kalah penting dari hal tersebut adalah tersedianya waktu belajar yang cukup dan tercukupinya sarana dan prasarana belajar. Rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam khususnya pada kompetensi dasar Memahami konsep Ekologi dan Keanekaragaman Hayati pada siswa ini merupakan masalah yang serius yang harus segera ditangani, sebab jika tidak, maka akan membawa akibat yang fatal, misalnya siswa tidak naik kelas Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis Efektifitas Pemberian asesmen diagnostik dalam meningkatkan hasil belajar IPA materi Ekologi siswa kelas 7C SMPN 1 Jabung Kabupaten Malang Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Penelitian tindakan kelas dilakukan sebanyak 2 siklus. Dapat disimpulkan bahwa Pemberian Asesmen Diagnostik dapat secara efektif meningkatkan hasil belajar IPA Materi Ekologi dengan ditandai adanya peningkatan nilai rerata (mean score) yakni: siklus I 74 dan siklus II 80. Selain itu ditandai adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar, yaitu pada siklus 1 78% dan pada siklus 11 87%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jprp

Publisher

Subject

Education

Description

This journal receives scientific articles relating to education including formal, informal, and non-formal education. The scope of this journal is the whole family of educational and learning ...