Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan
Vol 3 No 3 (2023): Volume 3, Nomor 3, Juli 2023

Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Menggunakan Metode Kooperatif Model Learning Together pada Siswa Kelas VII Semester 1Tahun Pelajaran 2019/2020

Priyono, Priyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Agar dapat mengajar efektif, guru harus meningkatkan kesempatan belajar bagi siswa (kuantitas) dan meningkatkan mutu (kualitas) mengajarnya, melibatkan siswa secara aktif alam belajar, menggunakan waktu pelajaran secara efektif serta serius saat mengajar sehingga dapat membangkitkan minat atau motivasi siswa untuk belajar. Makin banyak siswa terlibat aktif dalam belajar, makin tinggi kemungkinan prestasi belajar yang dicapainya. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (60 %), siklus II (75 %), siklus III (90 %).Simpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model Learning Together dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa kelas VII semester 1 SMPN 6 Tulungagung tahun pelajaran 2019/2020, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Bimbingan Konseling.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jprp

Publisher

Subject

Education

Description

This journal receives scientific articles relating to education including formal, informal, and non-formal education. The scope of this journal is the whole family of educational and learning ...