Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas komunikasi dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa SMP Negeri di Kabupaten Bogor. Sampel dalam penelitian sebanyak 100 siswa dan metode yang digunakan dalam penelitian metode survey dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan 1) Terdapat pengaruh yang signifikan intensitas komunikasi dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa SMP Negeri di Kabupaten Bogor. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 45,206. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan intensitas komunikasi terhadap terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa SMP Negeri di Kabupaten Bogor. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai Sig = 0,007 < 0,05 dan thitung = 2,781. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa SMP Negeri di Kabupaten Bogor. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai Sig = 0,004 < 0,05 dan thitung = 2,947.
Copyrights © 2023