cover
Contact Name
Syahid
Contact Email
jurnalherodotus@gmail.com
Phone
+628561525053
Journal Mail Official
jurnalherodotus@gmail.com
Editorial Address
Jl. Nangka No. 58 C, Tanjung Barat
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS
ISSN : 26154919     EISSN : 26154927     DOI : https://doi.org/10.30998/herodotus
Jurnal yang menerbitkan artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang sosial dari berbagai macam disiplin ilmu seperti Pendidikan, komunikasi, ekonomi, humaniora, dll.
Articles 245 Documents
Intensitas Komunikasi Dan Motivasi Belajar Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar IPS pada Siswa SMP Negeri di Kabupaten Bogor Sholahuddin Al Ayubi; Sumaryoto Sumaryoto; Mamik Suendarti
Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS Vol 6, No 2 (2023): Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/herodotus.v6i2.16237

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas komunikasi dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa SMP Negeri di Kabupaten Bogor. Sampel dalam penelitian sebanyak 100 siswa dan metode yang digunakan dalam penelitian metode survey dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan 1) Terdapat pengaruh yang signifikan intensitas komunikasi dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa SMP Negeri di Kabupaten Bogor. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 45,206. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan intensitas komunikasi terhadap terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa SMP Negeri di Kabupaten Bogor. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai Sig = 0,007 < 0,05 dan thitung = 2,781. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa SMP Negeri di Kabupaten Bogor. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai Sig = 0,004 < 0,05 dan thitung = 2,947.
Pengaruh Gaya dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa SMP Swasta di Kabupaten Bogor Widi Rohhadi
Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS Vol 3, No 1 (2020): Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/herodotus.v3i1.5965

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai pengaruh Gaya dan Minat belajar terhadap Prestasi Belajar IPS. Hipotesis yang diuji meliputi: 1) Pengaruh Gaya belajar siswa terhadap Prestasi Belajar IPS. 2) Pengaruh Minat Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar IPS. 3) Pengaruh Interaktif Gaya Belajar dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar IPS. Penelitian dilakukan dengan metode survey. Populasi adalah siswa kelas VIII SMP Swasta di Kabupaten Bogor dengan besar sampel 60 siswa, dengan teknik random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu non tes berupa angket untuk mengukur variabel gaya belajar dan variabel minat belajar, serta instrument tes  untuk mengukur prestasi belajar IPS bentuk pilihan ganda sebanyak 30 soal.  Analisis data menggunakan analisis of varians (ANOVA) dua jalur/arah dengan desain faktorial 3x2. Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan gaya belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Swasta Kabupaten Bogor, hal ini dibuktikan dengan Sig. 0,008 < 0,05 dan Fh = 5,315. 2) Terdapat pengaruh yang TIDAK signifikan minat belajar tehadap prestasi belajar IPS siswa SMP Swasta Kabupaten Bogor,  hal ini dibuktikan dengan Sig. 0,474 > 0,05 dan Fh = 0,520. 3) Terdapat pengaruh  interaktif yang signifikan gaya dan minat belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Swasta Kabupaten Bogor, hal tersebut dibuktikan dengan Sig 0,018 < 0,05 dan Fh = 4,322.
Pengaruh Persepsi Atas Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Smp Negeri Di Kota Depok Suryatin, Suryatin; Sumaryoto, Sumaryoto; Sriyono, Heru
Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS Vol 7, No 1 (2024): Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/herodotus.v7i1.14413

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh persepsi atas strategi pembelajaran dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Kota Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik korelasional regresi linier berganda dengan jumlah sampel 60 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas strategi pembelajaran dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 43,345. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,490. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kota Depok.  Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig 0,001 < 0,05 dan thitung = 3,685.
Persepsi atas Kurikulum dan Motivasi Belajar Siswa Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada SMP Negeri di Kabupaten Tangerang Nurdin Nurdin; Sumaryoto Sumaryoto; Heru Suparman
Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS Vol 4, No 2 (2021): Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/herodotus.v4i2.9501

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikanpersepsi atas kurikulum dan motivasi belajar siswa secara Bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Tangerang, membuktikanpersepsi atas kurikulum berpengaruh terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Tangerang,dan untuk membuktikanmotivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Tangerang tahun pelajaran 2020/2021 sampel diambil dari dua Sekolah Menengah Pertama Negeri  yaitu Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Kresek dan Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kresek yang diambil sebanyak 50 siswa. Penelit?an ini menggunakan Metode Survei dengan pendekatan kuantitatif karena data penelitian yang d?peroleh menggunakan angka-angka dan analisisnya menggunakan statistik. Pada pendekatan kuantitatif yang digunakan untuk penelitian adalah populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif atau statistik yang bertujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas kurikulum dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. = 0,07 < 0,05 dan Fhitung = 7.446. Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas kurikulum terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung = 3.779. Terdapat pengaruh yang signifikan Motivasi belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. = 0,901 > 0,05 dan thitung = 0.125.
Sejarah Kampung Sawah: Analisis Toleransi Umat Beragama Di Bekasi 1900 – 2020 Daniel Yohanes Indrasakti; Sumaryoto Sumaryoto; Mamik Suendarti
Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS Vol 5, No 2 (2022): Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/herodotus.v5i2.12437

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejarah masuknya agama kristen, dan memperkenalkan fenomena sosial masyarakat yaitu toleransi umat beragama, serta menjaga kearifan lokal berupa budaya Betawi di kampung sawah. Peneliti menggunakan metode deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini didapat dari hasil wawancara kepada informan yang dianggap berpotensi memberikan informasi dilapangan. Peneliti bermaksud pula memperkenalkan sistem Kekerabatan yang sudah ada sejak lama di Kampung sawah dan kaitannya dengan hal toleransi beragama tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa Toleransi di Kampung Sawah sudah ada sejak abad ke-19 Kerukunan antar agama sudah berjalan lama karena adanya keyakinan bahwa mereka merupakan satu nenek moyang yang sama. Ajaran pendahulu agar tetap menjaga kerukunan umat beragama di Kampung Sawah didukung sistem kekerabatan, dimana beberapa orang betawi yang menggunakan nama marga seperti contoh Rikin, Napiun, Djaim, Sabajan, Sairin, Niman, Dani, Empi, Lampung, Peking, Pepe, Kardiman dan lain lain dengan proses yang sangat panjang dengan terjadinya perkawinan lintas agama. Namun hal ini bukan menjadikan hubungan renggang dan kaku malah sebaliknya menjadi faktor penguat kerukunan antar umat beragama di Kampung Sawah. Saling hidup berdampingan serta saling menghargai untuk menjalankan ritual keagamaannya masing masing agar kerukunan masyarakat baik lokal maupun pendatang tetap terjaga.
PENGARUH PERSEPSI ATAS LINGKUNGAN SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Nur Azizah
Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS Vol 1, No 3 (2018): Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/herodotus.v1i3.5870

Abstract

Based on the results of this study concluded that: 1) There is a significant influence on the Perception of the School environment and student Motivation together with student achievement Privat Vocational School Sciens in West Jakarta. This is evidenced by the value Sig = 0.004 and the value of F = 6,207. 2) There is a significant influence on the Perception of the School environment on student achievement Privat Vocational School Sciens in West Jakarta. This is evidenced by the value Sig = 0.032 and tcount = 2.193. 3) There is a significant effect of learning Motivation on student achievement Privat Vocational School Sciens in West Jakarta. This is evidenced by the value Sig = 0.041 and tcount = 2.093
Pengaruh Persepsi Atas Sarana Prasarana Pembelajaran dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar IPS Arie Irfan Nuri; Sumaryoto Sumaryoto
Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS Vol 6, No 1 (2023): Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/herodotus.v6i1.12757

Abstract

The purpose of this study was to find out 1). The influence of perceptions of learning infrastructure and parental attention together on social studies learning achievement of private junior high school students in Bekasi, 2). The effect of perceptions of learning infrastructure on social studies learning achievement of private junior high school students in Bekasi, 3). The effect of perceptions of parents' attention on social studies learning achievement of private junior high school students in Bekasi. The sample used was 60 students as the research sample using proportional random sampling technique with multiple linear regression test. Based on the results of the hypothesis and data analysis, it is concluded as follows: 1) There is a significant influence on the perception of learning infrastructure and parental attention together on the social studies learning achievement of private junior high school students in Bekasi. This is evidenced by the value of Sig = 0.009 <0.05 and Fcount = 5.067, 2). There is a significant influence on the perception of learning infrastructure on the social studies learning achievement of private junior high school students in Bekasi. This is evidenced by the value of Sig = 0.042 <0.05 and t = 2.080, 3). There is a significant effect of parental attention on social studies learning achievement of junior high school students in Bekasi. This is evidenced by the value of Sig = 0.024 <0.05 and tcount = 2.317.
PENGARUH MINAT DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH Titik Winarni
Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS Vol 2, No 3 (2019): Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/herodotus.v2i3.5964

Abstract

The research aims to analyze and test the truth of hypotheses regarding the influence of Learning Interest and Independence on Learning Achievement in Social Sciences. The research hypotheses tested included: 1) The Effect of Interest on Social Studies Learning Achievement. 2) The Effect of Learning Independence on Social Science Learning Achievement. 3) The Effect of Interest and Learning Independence on Social Studies Achievement. The study was conducted by survey method. The population is grade VII students of SMP Negeri in South Jakarta, with the sampling technique used is random cluster sampling. Data analysis uses multiple regression. The results of hypothesis testing obtained the following conclusions: 1) There is a significant influence of Interest and Learning Independence together on Social Learning Achievement of Social Studies students in South Jakarta Public Middle School. This was proven by the calculated F value of 80.129 and sig = 0.000 <0.05. 2) There is a significant influence of Interest in Learning towards Social Studies Learning Achievement of South Jakarta Public Middle School students. This is evidenced by the t value of 1.997 and sig = 0.049 <0.05. 3) There is a significant influence of Learning Independence on Social Studies Learning Achievement of South Jakarta Public Middle School students. This is evidenced by the t value of 2.929 and sig = 0.004 <0.05. The results of this study are useful for increasing Student Interest and Learning Independence at the SMP level.
Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Sikap Belajar Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Kresnajaya, Ibnu; Dasmo, Dasmo
Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS Vol 7, No 1 (2024): Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/herodotus.v7i1.14372

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel kecerdasan emosional dan sikap belajar terhadap prestasi belajar sejarah, baik secara bersama-sama maupun secara individu. Metode penelitian yang digunakan adalah survey, dengan jumlah sampel 70 orang dari SMA Negeri di Kota Depok. Pengumpulan data menggunakan angket yang telah di validasi dan hasil nilai tes uji pelajaran Sejarah. Analisis menggunakan teknik regresi ganda, dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional dan sikap belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Sejarah Siswa SMA di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhn= 25,186. Secara bersama-sama kecerdasan emosional dan sikap belajar memberikan kontribusi sebesar 42,9 % terhadap variabel prestasi belajar Sejarah. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar Sejarah Siswa SMA Negeri di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,005 dan th = 4,365. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan sikap belajar terhadap prestasi belajar Sejarah Siswa SMA di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,005 dan th = 4,646.
Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Ditentukan oleh Persepsi Siswa atas Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar Mereka Mike Nurbaya; Suharto Suharto
Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS Vol 4, No 1 (2021): Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/herodotus.v4i1.8829

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: Pengaruh persepsi atas media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Sampel dalam penelitian ini adalah 90 orang siswa dengan analisis statistik regresi linier berganda. Hasil penelitian: Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Jakarta Selatan. Dibuktikan dengan nilai sig = 0,000 < 0,05 dengan Fhitung = 70,765. Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Jakarta Selatan. Dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 6,368. Terdapat pengaruh yang signifikan pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Jakarta Selatan. Dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 5,835.

Page 1 of 25 | Total Record : 245