Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh persepsi atas strategi pembelajaran dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Kota Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik korelasional regresi linier berganda dengan jumlah sampel 60 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas strategi pembelajaran dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 43,345. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,490. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig 0,001 < 0,05 dan thitung = 3,685.
Copyrights © 2024