Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS
Vol 4, No 2 (2021): Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS

Persepsi atas Kurikulum dan Motivasi Belajar Siswa Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada SMP Negeri di Kabupaten Tangerang

Nurdin Nurdin (Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia)
Sumaryoto Sumaryoto (Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia)
Heru Suparman (Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikanpersepsi atas kurikulum dan motivasi belajar siswa secara Bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Tangerang, membuktikanpersepsi atas kurikulum berpengaruh terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Tangerang,dan untuk membuktikanmotivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Tangerang tahun pelajaran 2020/2021 sampel diambil dari dua Sekolah Menengah Pertama NegeriĀ  yaitu Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Kresek dan Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kresek yang diambil sebanyak 50 siswa. Penelit?an ini menggunakan Metode Survei dengan pendekatan kuantitatif karena data penelitian yang d?peroleh menggunakan angka-angka dan analisisnya menggunakan statistik. Pada pendekatan kuantitatif yang digunakan untuk penelitian adalah populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif atau statistik yang bertujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas kurikulum dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. = 0,07 < 0,05 dan Fhitung = 7.446. Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas kurikulum terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung = 3.779. Terdapat pengaruh yang signifikan Motivasi belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. = 0,901 > 0,05 dan thitung = 0.125.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

herodotus

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal yang menerbitkan artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang sosial dari berbagai macam disiplin ilmu seperti Pendidikan, komunikasi, ekonomi, humaniora, ...