Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel kecerdasan emosional dan sikap belajar terhadap prestasi belajar sejarah, baik secara bersama-sama maupun secara individu. Metode penelitian yang digunakan adalah survey, dengan jumlah sampel 70 orang dari SMA Negeri di Kota Depok. Pengumpulan data menggunakan angket yang telah di validasi dan hasil nilai tes uji pelajaran Sejarah. Analisis menggunakan teknik regresi ganda, dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional dan sikap belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Sejarah Siswa SMA di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhn= 25,186. Secara bersama-sama kecerdasan emosional dan sikap belajar memberikan kontribusi sebesar 42,9 % terhadap variabel prestasi belajar Sejarah. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar Sejarah Siswa SMA Negeri di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,005 dan th = 4,365. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan sikap belajar terhadap prestasi belajar Sejarah Siswa SMA di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,005 dan th = 4,646.
Copyrights © 2024