Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS
Vol 4, No 1 (2021): Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS

Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Ditentukan oleh Persepsi Siswa atas Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar Mereka

Mike Nurbaya (Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia)
Suharto Suharto (Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: Pengaruh persepsi atas media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Sampel dalam penelitian ini adalah 90 orang siswa dengan analisis statistik regresi linier berganda. Hasil penelitian: Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Jakarta Selatan. Dibuktikan dengan nilai sig = 0,000 < 0,05 dengan Fhitung = 70,765. Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Jakarta Selatan. Dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 6,368. Terdapat pengaruh yang signifikan pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Jakarta Selatan. Dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 5,835.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

herodotus

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal yang menerbitkan artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang sosial dari berbagai macam disiplin ilmu seperti Pendidikan, komunikasi, ekonomi, humaniora, ...