Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh ketahanmalangan dan fasilitas belajar secara bersama terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kabupaten Bogor. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri di Kabupaten Bogor yang berjumlah sampel dalam penelitian ini adalah 80 orang siswa yang dipilih secara random. Metode penelitian yang digunakan adalah survey, teknik sampling menggunakan multistage sampling, teknik pengumpulan data menggunakan tes dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan statistik Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan. Terdapat pengaruh yang signifikan ketahanmalangan, dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000<0,05 dan Fhitung= 11,767. Sedangkan besarnya kontribusi ketahanmalangan dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial ditunjukkan oleh koefisien determinasi yaitu sebesar 23,4% sedangkan sisanya 76,6% disebabkan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Terdapat pengaruh yang signifikan ketahanmalangan terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. 0,000<0,05 dan thitung= 3,425. Terdapat pengaruh yang signifikan fasilitas belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. = 0,002<0,05 dan thitung= 3,262.
Copyrights © 2022