Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS
Vol 7, No 2 (2024): Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS

Pengaruh Motivasi Belajar Dan Efikasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi (Survai Pada SMA Negeri di Jakarta Utara)

Salmiah Harahap (UNINDRA SMA Negeri 45 Jakarta)
Mamik Suhendar (Universitas Indraprasta PGRI)
Heru Sriyono (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2024

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui1) Pengaruh motivasi belajar dan efikasi diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Jakarta Utara. 2) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Jakarta Utara. 3) Pengaruh efikasi diri terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Jakarta Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik korelasional regresi linier berganda dengan jumlah sampel 84 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar dan efikasi diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Jakarta Utara. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 74,672. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Jakarta Utara. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,701. 3) Terdapat pengaruh yang tidak signifikan efikasi diri terhadap Prestasi belajar ekonomi siswa SMA Negeri di Jakarta Utara.  Hal ini dibuktikan dengan perolehasn nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan thitung = 5,641.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

herodotus

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal yang menerbitkan artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang sosial dari berbagai macam disiplin ilmu seperti Pendidikan, komunikasi, ekonomi, humaniora, ...