Penelitian bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Kemampuan Interaksi sosial dan Kemandirian Belajar terhadap Penguasaan Konsep Kearsipan Siswa SMK Swasta di Jakarta Pusat. 2) Pengaruh Kemampuan Interaksi Sosial terhadap Penguasaan Konsep Kearsipan Siswa SMK Swasta di Jakarta Pusat. 3) Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Penguasaan Konsep Kearsipan Siswa SMK Swasta di Jakarta Pusat. Penelitian dilakukan dengan metode survei. Populasi adalah siswa SMK Swasta di Jakarta Pusat dengan besar sampel sebanyak 60, dengan teknik korelasional yang digunakan yaitu regresi berganda. Instrumen penelitian menggunakan angket untuk mengukur ketiga variabel tersebut. Analisis data menggunakan analysis of variants (ANOVA) dua jalur/arah. Hasil penelitian yaitu : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan interaksi sosial dan kemandirian belajar terhadap penguasaan konsep kearsipan siswa SMK Swasta di Jakarta Pusat hal tersebut dibuktikan dengan sig. 0,037 < 0,05 Fhitung = 3,481. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan interaksi sosial terhadap penguasaan konsep kearsipan siswa SMK Swasta di Jakarta Pusat hal tersebut dibuktikan dengan sig. 0,037 < 0,05 thitung = 2,131. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap penguasaan konsep kearsipan hal tersebut dibuktikan dengan sig. 0,028 < 0,05 thitung = 1,301. Hasil penelitian ini berguna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan penguasaan konsep kearsipan di tingkat SMK.
Copyrights © 2020