Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan sumber belajar dan Praktik Kerja Lapangan secara bersama-sama terhadap kemampuan pemanduan wisata. Untuk membuktikan hipotesis penelitian ini, penulis menggunakan metode pengumpulan data berupa data kepustakaan (library research) dan data lapangan (field research) dengan instrumen pengumpulan data melalui kuesioner/angket, dengan pendekatan jenis penelitian kuantitatif. Untuk pengolahan dan analisis data, penulis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Sementara untuk uji persyaratan data penulis melakukan Uji Normalitas Kolmogorov Smirnov dan Uji Linieritas serta Uji Multikolinieritas. Penulis dalam hal ini menggunakan Analisis Korelasi dan Analisis Regresi menggunakan ANOVA dua arah. Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan Terdapat pengaruh yang signifikan dari persepsi pemanfaatan sumber belajar dan Praktik Kerja Lapangan secara bersama-sama terhadap kemampuan pemanduan wisata. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig= 0,000<0,05 dan Fh 53,822. Terdapat pengaruh yang signifikan dari persepsi pemanfaatan sumber belajar terhadap kemampuan pemanduan wisata. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig= 0,000<0,05 dan Fh 4,169. Terdapat pengaruh yang signifikan dari Praktik Kerja Lapangan terhadap kemampuan pemanduan wisata. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig= 0,000<0,05 dan Th 9,752.
Copyrights © 2024