Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS
Vol 7, No 2 (2024): Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS

Pengaruh Persepsi Pemanfaatan Sumber Belajar dan Praktik Kerja Lapangan terhadap Kemampuan Pemanduan Wisata

Romy Raden Machmud (Postgraduate Faculty Indraprasta PGRI University Budi Agung Tourism Vocational Highschool)
Mamik Suendarti (Universitas Indraprasta PGRI)
Hasbullah Hasbullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan sumber belajar dan Praktik Kerja Lapangan secara bersama-sama terhadap kemampuan pemanduan wisata. Untuk membuktikan hipotesis penelitian ini, penulis menggunakan metode pengumpulan data berupa data kepustakaan (library research) dan data lapangan (field research) dengan instrumen pengumpulan data melalui kuesioner/angket, dengan pendekatan jenis penelitian kuantitatif. Untuk pengolahan dan analisis data, penulis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Sementara untuk uji persyaratan data penulis melakukan Uji Normalitas Kolmogorov Smirnov dan Uji Linieritas serta Uji Multikolinieritas. Penulis dalam hal ini menggunakan Analisis Korelasi dan Analisis Regresi menggunakan ANOVA dua arah. Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan Terdapat pengaruh yang signifikan dari persepsi pemanfaatan sumber belajar dan Praktik Kerja Lapangan secara bersama-sama terhadap kemampuan pemanduan wisata. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig= 0,000<0,05 dan Fh 53,822. Terdapat pengaruh yang signifikan dari persepsi pemanfaatan sumber belajar terhadap kemampuan pemanduan wisata. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig= 0,000<0,05 dan Fh 4,169. Terdapat pengaruh yang signifikan dari Praktik Kerja Lapangan terhadap kemampuan pemanduan wisata. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig= 0,000<0,05 dan Th 9,752.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

herodotus

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal yang menerbitkan artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang sosial dari berbagai macam disiplin ilmu seperti Pendidikan, komunikasi, ekonomi, humaniora, ...