Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan menguji kebeneran hipotesis mengenai pengaruh perhatian orang tua dan minat belajar terhadap prestasi belajar IPS. Penelitian dilakukan dengan metode survei. Populasi adalah siswa kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Tangerang dengan besar sampel sebanyak 52 siswa dan 52 orang tua siswa. Instrumen penelitan ini untuk variabel perhatian orang tua dan minat belajar adalah kuesioner, sedangkan instrument variabel prestasi belajar adalah melihat nilai raport. Analisa data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orang tua dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS pada siswa SMP Negeri di Kabupaten Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig. 0,000 < dari 0,05 dan Fhitung adalah 15,272. Secara bersama-sama perhatian orang tua dan minat belajar memberikan kontribusi sebesar 38,4% terhadap variabel prestasi belajar IPS; 2) Terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar IPS pada siswa SMP Negeri di Kabupaten Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig, 0,037 < dari 0,05 dan thitung adalah 2,141; dan 3) Terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar IPS pada SMP Negeri di Kabaputen Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig. 0,034 < dari 0,05 dan thitung adalah 2,187.
Copyrights © 2024