Keberhasilan proses pembelajaran daring pada masa pandemi tidak terlepas dari berbagai faktor, diantaranya yaitu persepsi atas media pembelajaran daring dan kemandirian belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh persepsi atas media pembelajaran daring dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial (2) pengaruh persepsi atas media pembelajaran daring terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial (3) pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Penelitian mempergunakan metode survei dengan populasi siswa SMP Swasta di kabupaten Bogor dan melalui teknik proportional sampling diperoleh sampel sebesar 81 siswa. Teknik analisis regresi digunakan untuk analisis data dengan menggunankan aplikasi SPSS 22. Hasil penelitian membuktikan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran daring dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial (2) terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran daring terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial (3) terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial.
Copyrights © 2023