Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa terutama siswa SMK pada mata pelajaran Kewirausahaan. Jika memang ada pengaruh yang positif dan signifikan maka seberapa kuat pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan analisis korelasi dan regresi, yaitu menghubungkan antara data yang menunjukkan lingkungan keluarga dan motivasi belajar dengan data yang menunjukkan prestasi belajar. Data tentang variabel lingkungan keluarga dan motivasi belajar diperoleh melalui kuesioner yang disusun oleh peneliti, yaitu yang mengukur hal-hal yang berkaitan dengan dua hal tersebut. Sedangkan data tentang prestasi belajar diperoleh melalui tes langsung yang dilaksanakan oleh peneliti terhadap responden. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan bahwa : (1) terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa SMK Negeri di Kabupaten Subang, hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung = 17,172; (2) terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa SMK Negeri di Kabupaten Subang, hal ini dibuktikan oleh nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan nilai thitung = 4,817; dan (3). terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar kewirausahaan siswa SMK Negeri di Kabupaten Subang, hal ini dibuktikan oleh nilai Sig = 0,012 < 0,05 dan nilai thitung = 2,588
Copyrights © 2018