Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS
Vol 5, No 1 (2022): Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS

The Influence Of Student Perception On Learning Media and Motivation Learn About Historical Learning Achievements

Rosali Berthawati Gultom (University of Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh persepsi siswa terhadap media pembelajaran dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa SMK Swasta di Kota Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan teknik regresi korelasional dengan regresi linier berganda dengan jumlah sampel 75 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa terhadap media pembelajaran dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sejarah siswa SMK swasta di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 19,255. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa terhadap media pembelajaran terhadap prestasi belajar sejarah siswa SMK swasta di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,010 < 0,05 dan thitung = 2,628. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar sejarah siswa SMK swasta di Kota Depok. Hal ini dibuktikan dengan diperolehnya nilai sig. = 0,001 < 0,05 dan thitung = 3,520.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

herodotus

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal yang menerbitkan artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang sosial dari berbagai macam disiplin ilmu seperti Pendidikan, komunikasi, ekonomi, humaniora, ...