Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS
Vol 2, No 1 (2019): Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS

PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP KINERJA GURU

Sriyono Sriyono (Unknown)
Restoeningrum Restoeningrum (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian untuk mengetahui: 1) Pengaruh tingkat pendidikan dan kompetensi pedagogik secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMA Negeri di Jakarta Utara. 2) Pengaruh tingkat pendidikan terhadap kinerja guru SMA Negeri di Jakarta Utara. 3) Pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru pada SMA Negeri di Jakarta Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah guru pada 11 (sebelas) SMA Negeri di Jakarta Utara dengan total populasi 500 guru. Sampel penelitian berjumlah 60 guru. Hasil penelitian disimpulkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan tingkat pendidikan dan kompetensi pedagogik secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMAN di Jakarta Utara. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig 0,000 < 0,05 dan Fhitung =  47,598. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan tingkat pendidikan terhadap kinerja guru SMAN di Jakarta Utara. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig 0,000 < 0,05 dan dengan  thitung  = 4,751. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru SMAN di Jakarta Utara.  Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig 0,000 < 0,05 dan thitung  = 3,893.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

herodotus

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal yang menerbitkan artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang sosial dari berbagai macam disiplin ilmu seperti Pendidikan, komunikasi, ekonomi, humaniora, ...