Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS
Vol 6, No 3 (2023): Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS

Pengaruh Persepsi Atas Metode Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Survey Pada SMP Swasta Di Kabupaten Bekasi)

Ijudin, Mohammad (Universitas Indraprasta PGRI)
Sumaryoto, Sumaryoto (Universitas Indrapasta PGRI)
Megawati, Megawati (Universitas Indrapasta PGRI)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh persepsi atas metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial SMP Swasta di Kabupaten Bekasi. 2) Pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial SMP Swasta di Kabupaten Bekasi 3) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial SMP Swasta di Kabupaten Bekasi. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa korelasi linier dan teknik regresi. Sebelum data dianalisis, analisis statistik deskriptif terlebih dahulu dilakukan dan diuji persyaratan data sebelum tes regresi dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Ada pengaruh metode pembelajaran dan motivasi belajar pada prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial di SMP Swasta di Kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig= 0,000<0,05 dengan Fhitung= 209,135. 2). Ada pengaruh metode pembelajaran yang signifikan terhadap Pencapaian Pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di SMP Swasta di Kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig= 0,000<0,05 dan thitung= 12,160. 3). Ada pengaruh signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial di SMP Swasta di Kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 5,932. Ini berarti bahwa untuk meningkatkan pencapaian studi ilmu pengetahuan sosial, perlu untuk mendorong metode pembelajaran dan motivasi untuk belajar secara positif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

herodotus

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal yang menerbitkan artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang sosial dari berbagai macam disiplin ilmu seperti Pendidikan, komunikasi, ekonomi, humaniora, ...