Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh persepsi atas metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial SMP Swasta di Kabupaten Bekasi. 2) Pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial SMP Swasta di Kabupaten Bekasi 3) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial SMP Swasta di Kabupaten Bekasi. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa korelasi linier dan teknik regresi. Sebelum data dianalisis, analisis statistik deskriptif terlebih dahulu dilakukan dan diuji persyaratan data sebelum tes regresi dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Ada pengaruh metode pembelajaran dan motivasi belajar pada prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial di SMP Swasta di Kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig= 0,000<0,05 dengan Fhitung= 209,135. 2). Ada pengaruh metode pembelajaran yang signifikan terhadap Pencapaian Pembelajaran ilmu pengetahuan sosial di SMP Swasta di Kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig= 0,000<0,05 dan thitung= 12,160. 3). Ada pengaruh signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial di SMP Swasta di Kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 5,932. Ini berarti bahwa untuk meningkatkan pencapaian studi ilmu pengetahuan sosial, perlu untuk mendorong metode pembelajaran dan motivasi untuk belajar secara positif.
Copyrights © 2023