Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). lingkungan sekolah dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar PKn siswa SMP Negeri di Jakarta Utara, 2).Pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Jakarta Utara, 3).Pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Jakarta Utara. Sampel yang digunakan 83 siswa sebagai sampel penelitian menggunakan teknik proposional random sampling dengan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data, disimpulkan sebagai berikut Terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan sekolah dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar PKn siswa SMP Negeri di Jakarta Utara. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig= 0,000<0,05 dan Fhitung= 18,377. Terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar PKn siswa SMP Negeri di Jakarta Utara. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig= 0,003<0,05 dan thitung= 3,082. Terdapat pengaruh yang signifikan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar PKn siswa SMP Negeri di Jakarta Utara. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig= 0,000<0,05 dan thitung= 3,980
Copyrights © 2024