Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS
Vol 7, No 2 (2024): Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS

Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan

Wardhani, Ade Mardita Kusuma (1.Mahasiswa UNINDRA Pasca Sarjana IPS 2.Smp Negeri 74 Jakarta Timur)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). lingkungan sekolah dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar PKn siswa SMP Negeri di Jakarta Utara, 2).Pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Jakarta Utara, 3).Pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Jakarta Utara. Sampel yang digunakan 83 siswa sebagai sampel penelitian menggunakan teknik proposional random sampling dengan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data, disimpulkan sebagai berikut Terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan sekolah dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar PKn siswa SMP Negeri di Jakarta Utara. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig= 0,000<0,05 dan Fhitung= 18,377. Terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar PKn siswa SMP Negeri di Jakarta Utara. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig= 0,003<0,05 dan thitung= 3,082. Terdapat pengaruh yang signifikan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar PKn siswa SMP Negeri di Jakarta Utara. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig= 0,000<0,05 dan thitung= 3,980

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

herodotus

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal yang menerbitkan artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang sosial dari berbagai macam disiplin ilmu seperti Pendidikan, komunikasi, ekonomi, humaniora, ...