Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh persepsi atas model pembelajaran kooperatif dan kreativitas belajar secara bersama-sama terhadap pemahaman konsep IPS, Pengaruh persepsi atas model pembelajaran kooperatif terhadap pemahaman konsep IPS, Pengaruh kreativitas belajar terhadap pemahaman konsep IPS siswa SMA Negeri di Kota Tangerang Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik korelasional regresi linier berganda dengan jumlah sampel 87 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi atas model pembelajaran kooperatif dan Kreativitas belajar secara bersama-sama terhadap Pemahaman konsep IPS siswa SMA Negeri di Kota Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 29,357. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi atas model pembelajaran kooperatif terhadap Pemahaman konsep IPS siswa SMA Negeri di Kota Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,001 < 0,05 dan thitung = 3,385. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan Kreativitas belajar terhadap Pemahaman konsep SMA Negeri di Kota Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehasn nilai Sig. = 0,001 < 0,05 dan thitung = 3,307.
Copyrights © 2022