Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS
Vol 5, No 3 (2022): Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS

Pengaruh Persepsi Atas Model Pembelajaran Kooperatif Dan Kreativitas Belajar Terhadap Pemahaman Konsep IPS

Hendra Septiawan (Universitas Indraprasta PGRI)
Sumaryati T (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh persepsi atas model pembelajaran kooperatif dan kreativitas belajar secara bersama-sama terhadap pemahaman konsep IPS, Pengaruh persepsi atas model pembelajaran kooperatif terhadap pemahaman konsep IPS,  Pengaruh kreativitas belajar terhadap pemahaman konsep IPS siswa SMA Negeri di Kota Tangerang Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik korelasional regresi linier berganda dengan jumlah sampel 87 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi atas model pembelajaran kooperatif dan Kreativitas belajar secara bersama-sama terhadap Pemahaman konsep IPS siswa SMA Negeri di Kota Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 29,357. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi atas model pembelajaran kooperatif terhadap Pemahaman konsep IPS siswa SMA Negeri di Kota Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,001 < 0,05 dan thitung = 3,385. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan Kreativitas belajar terhadap Pemahaman konsep SMA Negeri di Kota Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehasn nilai Sig. = 0,001 < 0,05 dan thitung = 3,307.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

herodotus

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal yang menerbitkan artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang sosial dari berbagai macam disiplin ilmu seperti Pendidikan, komunikasi, ekonomi, humaniora, ...