Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh minat dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kabupaten Gunungkidul, 2) pengaruh minat terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kabupaten Gunungkidul, 3) pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di kabupaten Gunungkidul. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 858 siswa dengan sampel sebanyak 86 siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Metode penelitian menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil uji hipotesis dan analisi regresi linear berganda dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) terdapat pengaruh yang signifikan Minat Belajar dan Kemandirian Belajar secara bersama-sama terhadap variabel terikat Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kabupaten Gunungkidul. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig.=0,000 < 0,05 dan Fhitung = 178,184. 2) terdapat pengaruh yang signifikan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kabupaten Gunungkidul. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig.=0,000 < 0,05 dan thitung = 6,953. 3) terdapat pengaruh yang signifikan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kabupaten Gunungkidul. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig.= 0,000 < 0,05 dan thitung = 6,313.
Copyrights © 2021