Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh rasa percaya diri dan kemandirian secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Swasta di Kota Bekasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Titian Ilmu dan SMP Teratai Putih yang berjumlah 388 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 80 orang siswa yang dipilih secara random. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan teknik regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan rasa percaya diri dan kemandirian secara bersama -sama terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Swasta di Kota Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig =0.000< 0.05 dan Fhitung 398.709. (2) sedangkan besarnya konstribusi rasa percaya diri dan kemandirian secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia sebesar 91.2 % sedangkan sisanya 8,8% disebabkan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Terdapat pengaruh yang signifikan rasa percaya diri terhadap prestasi belajar pada siswa SMP Swasta di Kota Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0.000 <0.05 dan thitung = 7.873 Terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian terhadap prestasi Belajar ilmu pengetahuan sosial pada siswa SMP Swasta di Kota Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0.00 <0.05 dan thitung = 8.076
Copyrights © 2022