Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS
Vol 5, No 1 (2022): Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS

Pengaruh Rasa Percaya Diri Dan Kemandirian Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Survei Pada SMP Swasta Di Kota Bekasi

Wahyu Kartini (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh rasa percaya diri dan kemandirian secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Swasta di Kota Bekasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Titian Ilmu dan SMP Teratai Putih yang berjumlah 388 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 80 orang siswa yang dipilih secara random. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan teknik regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan rasa percaya diri dan kemandirian secara bersama -sama  terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Swasta di Kota Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig =0.000< 0.05 dan Fhitung 398.709. (2) sedangkan besarnya konstribusi rasa percaya diri dan kemandirian secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia sebesar 91.2 % sedangkan sisanya 8,8% disebabkan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Terdapat pengaruh yang signifikan rasa percaya diri  terhadap prestasi belajar pada siswa SMP Swasta di Kota Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0.000 <0.05 dan thitung = 7.873 Terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian terhadap prestasi Belajar ilmu pengetahuan sosial pada siswa SMP Swasta di Kota Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0.00 <0.05 dan thitung = 8.076

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

herodotus

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal yang menerbitkan artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang sosial dari berbagai macam disiplin ilmu seperti Pendidikan, komunikasi, ekonomi, humaniora, ...