Abstrak: Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana Pengaruh Gaya Belajar dan Kemandirian Siswa Terhadap Prestasi Ilmu Pengetahuan Sosial. Metode yang digunakan adalah Survay Pada Siswa SMP Negeri di Jakarta Timur dengan analisis dan korelasi dan regresi,yaitu menghubungkan antara data yang menunjukan Pengaruh Gaya Belajar dan Kemandirian Siswa Terhadap Prestasi Ilmu Pengetahuan Sosial. Sampel 60 siswa yang dipilih secara random dari seluruh siswa SMP Negeri di Jakarta Timur. Berdasarkan hasil uji hipotesis penelitian pada bab 4, dapat ditarik simpulan sebagai berikut: (1)Terdapat pengaruh yang signifikan gaya belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di wilayah Kecamatan Kramat Jati Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig. = 0,009 < 0,05 dan Fh = 5,090. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di wilayah Kecamatan Kramat Jati Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fh = 28,066. (3) Terdapat pengaruh interaktif yang tidak signifikan gaya belajar dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di wilayah Kecamatan Kramat Jati Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig. = 0,177 > 0,05 dan Fh = 1,791. Kata Kunci: Gaya, Kemandirian, Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
Copyrights © 2018