Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS
Vol 1, No 2 (2018): Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS

GAYA BELAJAR DAN KEMANDIRIAN SISWA ERHADAP PRESTASI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Tarkim Tarkim (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2019

Abstract

Abstrak: Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana Pengaruh Gaya Belajar dan Kemandirian Siswa Terhadap Prestasi Ilmu Pengetahuan Sosial.  Metode yang digunakan adalah Survay Pada Siswa SMP Negeri di Jakarta Timur dengan analisis dan korelasi dan regresi,yaitu menghubungkan antara data yang menunjukan Pengaruh Gaya Belajar dan Kemandirian Siswa Terhadap Prestasi Ilmu Pengetahuan Sosial.  Sampel 60 siswa yang dipilih secara random dari seluruh siswa SMP Negeri di Jakarta Timur. Berdasarkan hasil uji hipotesis penelitian pada bab 4, dapat ditarik simpulan sebagai berikut: (1)Terdapat pengaruh yang signifikan gaya belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di wilayah Kecamatan Kramat Jati Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig. = 0,009 < 0,05 dan Fh = 5,090. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di wilayah Kecamatan Kramat Jati Jakarta Timur.  Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fh = 28,066. (3) Terdapat pengaruh interaktif yang tidak signifikan gaya belajar dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di wilayah Kecamatan Kramat Jati Jakarta Timur. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig. = 0,177 > 0,05 dan Fh = 1,791.  Kata Kunci: Gaya, Kemandirian, Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

herodotus

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal yang menerbitkan artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang sosial dari berbagai macam disiplin ilmu seperti Pendidikan, komunikasi, ekonomi, humaniora, ...