Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara perhatian orang tua dan minat belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kota Tangerang, ada tidaknya pengaruh orang tua terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kota Tangerang, dan ada tidaknya pengaruh antara minat belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kota Tangerang. Hipotesis penelitian yang diuji meliputi: 1) Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. 2) Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini dilakukan dengan Sampel sebanyak 60 siswa yang diambil dengan teknik proporsional dan simple random sampling dari siswa kelas VII SMP Negeri 20 dan 26 di Kota Tangerang. Analisis data dengan metode statistik deskriptif, koefisien korelasi pearson dan analisis regresi linier berganda. Uji statistic dipergunakan uji F. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orang tua dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan F_Hitung= 127,687 bahwa terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan T_Hitung= 4,617 bahwa terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan dan Sig. 0,000 < 0,05 dan T_Hitung= 4,563
Copyrights © 2020