Tujuan dari penelitian untuk mengetahui: 1) pengaruh perilaku prososial dan kedisiplinan secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kota Tangerang, 2) pengaruh perilaku prososial terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kota Tangerang, dan 3) pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kota Tngerang . Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan menggunakan teknik regresi, yaitu regresi berganda. Dengan jumlah sampel 91 responden. Hasil penelitian menunjukan 1) Terdapat pengaruh yang signifikan perilaku prososial dan kedisiplinan secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa SMP Negeri di Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 5. 799. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan perilaku prososial terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa SMP Negeri di Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan t hitung = 2. 111 3) Terdapat pengaruh yang signifikan kedisiplinan terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa SMP Negeri Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan t hitung = 2.836.
Copyrights © 2023