Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS
Vol 6, No 2 (2023): Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS

Perilaku Prososial Dan Kedisiplinan Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial

Dewi Aprillia (Universitas Indraprasta PGRI)
Heru Sriyono (Universitas Indraprasta PGRI)
Mamik Suendarti (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian untuk mengetahui: 1) pengaruh perilaku prososial  dan kedisiplinan secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kota Tangerang, 2) pengaruh perilaku prososial terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kota Tangerang, dan 3) pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kota Tngerang . Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan menggunakan teknik regresi, yaitu regresi berganda. Dengan jumlah sampel 91 responden. Hasil penelitian menunjukan 1) Terdapat pengaruh yang signifikan perilaku prososial dan kedisiplinan  secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa SMP Negeri di Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 <  0,05 dan Fhitung = 5. 799. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan perilaku prososial terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa SMP Negeri di Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan t hitung = 2. 111 3) Terdapat pengaruh yang signifikan kedisiplinan  terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa SMP Negeri Kota Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan t hitung = 2.836.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

herodotus

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal yang menerbitkan artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang sosial dari berbagai macam disiplin ilmu seperti Pendidikan, komunikasi, ekonomi, humaniora, ...