Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh disiplin dan minat belajar terhadap prestasi belajar sejarah di SMA Swasta di Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan analisis korelasi. Sedangkan data dan informasi di lapangan diperoleh dengan bantuan kuesioner. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan kedisiplinan dan minat belajar bersama terhadap prestasi belajar sejarah. Hal tersebut dibuktikan dengan akuisisi Sig. 0,000 <0,05 dan Fhitung = 28,081. 2) Ada pengaruh yang signifikan disiplin terhadap prestasi belajar sejarah. Hal tersebut dibuktikan dengan akuisisi Sig. 0,015 <0,05 dan t hitung = 2,497. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar sejarah. Hal tersebut dibuktikan dengan akuisisi Sig. 0,000 <0,05 dan t hitung = 7,195.
Copyrights © 2020