Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS
Vol 3, No 1 (2020): Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS

Pengaruh Kedisiplinan dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Bagi Siswa SMA Swasta di Jakarta Selatan

Dayat Solikin (Mahasiswa UNINDRA Pendidikan IPS)
Heru Sriyono (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)



Article Info

Publish Date
16 Mar 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh disiplin dan minat belajar terhadap prestasi belajar sejarah di SMA Swasta di Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan analisis korelasi. Sedangkan data dan informasi di lapangan diperoleh dengan bantuan kuesioner. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan kedisiplinan dan minat belajar bersama terhadap prestasi belajar sejarah. Hal tersebut dibuktikan dengan akuisisi Sig. 0,000 <0,05 dan Fhitung = 28,081. 2) Ada pengaruh yang signifikan disiplin terhadap prestasi belajar sejarah. Hal tersebut dibuktikan dengan akuisisi Sig. 0,015 <0,05 dan t hitung = 2,497. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar sejarah. Hal tersebut dibuktikan dengan akuisisi Sig. 0,000 <0,05 dan t hitung = 7,195.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

herodotus

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal yang menerbitkan artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang sosial dari berbagai macam disiplin ilmu seperti Pendidikan, komunikasi, ekonomi, humaniora, ...