Pengaruh Persepsi Media Pembelajaran dan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi media pembelajaran dan konsep diri terhadap prestasi belajar IPS. Penelitian ini menggunakan desain survei deskriptif dengan populasi SMP Negeri di Kabupaten Bekasi, dan melalui proporsional random sampling diperoleh sampel sebanyak 60 orang. Hasil penelitian membuktikan terdapat pengaruh persepsi media pembelajaran dan konsep diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS. Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran dan konsep diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 34.529. Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. sebesar = 0,000 < 0,05 dan thitung = 1.028. Terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kabupaten Bekasi. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan nilai thitung = 1.026.
Copyrights © 2024