Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS
Vol 7, No 1 (2024): Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS

Pengaruh Persepsi Atas Media Pembelajaran Dan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Survei Pada SMP Negeri di Kabupaten Bekasi)

Hidayani, Dea (Fakultas Pascasarjana UNINDRA SMPIT Al Fawwaz)
Sumaryoto, Sumaryoto (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Pengaruh Persepsi Media Pembelajaran dan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi media pembelajaran dan konsep diri terhadap prestasi belajar IPS. Penelitian ini menggunakan desain survei deskriptif dengan populasi SMP Negeri di Kabupaten Bekasi, dan melalui proporsional random sampling diperoleh sampel sebanyak 60 orang. Hasil penelitian membuktikan terdapat pengaruh persepsi media pembelajaran dan konsep diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS. Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran dan konsep diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 34.529. Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kabupaten Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. sebesar = 0,000 < 0,05 dan thitung = 1.028. Terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kabupaten Bekasi. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan nilai thitung = 1.026.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

herodotus

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal yang menerbitkan artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang sosial dari berbagai macam disiplin ilmu seperti Pendidikan, komunikasi, ekonomi, humaniora, ...