Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS
Vol 5, No 3 (2022): Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS

Pengaruh Presepsi Atas Model Pembelajaran Kooperatif Dan Rasa Percaya Diri Terhadap Keterampilan Sosial Pada Siswa Mts Swasta Jakarta Timur

Unsah Abiddin (Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta)
Hasbullah Hasbullah (Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta)
Sumaryoto Sumaryoto (Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Adakah pengaruh persepsi atas model pembelajaran kooperatif dan rasa percaya diri secara bersama sama terhadap keterampilan social Siswa MTs Swasta Di Jakarta Timur .Adakah Pengaruh persepsi atas model pembelajaran kooperatif, terhadap keterampilan social Siswa MTs Swasta Di Jakarta Timur). Adakah  Pengaruh rasa percaya diri terhadap keterampilan social Siswa MTs Swasta Di Jakarta Timur). Populasi pada penelitian ini adalah siswa pada sekolah menengah  pada MTs Swasta di Jakarta Timur, sebanyak 60 responden. Sampel di peroleh melalui metode simple random sampling. Rancangan penelitian yang digunakan melalui teknik korelasi. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik kuesioner dan tes objektif untuk semua variabel data yang terkumpul selanjutnya menggunakan teknik korelasi dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa Terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi atas model pembelajaran kooperatif Siswa MTs Swasta di Jakarta Timur. Hal ini di lakukan dengan Sig = 0,000 < 0,05 Dan Fhitung = 23,475, Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas rasa percaya diri pada siswa MTs Swasta di Jakarta Timur. Hal ini di buktikan denganSig=0,000<0,05danthitu = 2,234, Terdapat pengaruh yang signifikan tehadap keterampilan social  belajar IPS Siswa MTs Swasta di Jakarta Timur. Hal tersebut dibuktikan dengan Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung= 2,144

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

herodotus

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal yang menerbitkan artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang sosial dari berbagai macam disiplin ilmu seperti Pendidikan, komunikasi, ekonomi, humaniora, ...