Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh interaktif model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar kepalangmerahan. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan disain treatment by level 2 x 2 pada Mahasiswa Semester I Prodi. Diploma III Teknologi Bank Darah Akademi Bakti Kemanusiaan Palang Merah Indonesia Tahun Akademik 2023/2024 di Jakarta Selatan. Sampel penelitian terdiri dari 80 responden (40 mahasiswa kelas eksperimen dan 40 mahasiswa kelas kontrol). Pengumpulan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Analisis data terdiri dari pengujian instrumen tes hasil belajar kepalangmerahan dan kuesioner dengan uji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran dan daya pembeda. Hasil penelitian (1) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif berbasis penyelesaian masalah terhadap hasil belajar kepalangmerahan mahasiswa di perguruan tinggi swasta di Jakarta Selatan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung 212,870. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar kepalangmerahan mahasiswa di perguruan tinggi swasta di Jakarta Selatan dengan nilai Sig. 0,010 < 0,05 dan Fhitung 7,037. (3) Terdapat pengaruh interaktif yang signifikan model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar kepalangmerahan mahasiswa di perguruan tinggi swasta di Jakarta Selatan dengan nilai Sig. 0,012 < 0,05 dan Fhitung 5,483.
Copyrights © 2024