Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS
Vol 6, No 2 (2023): Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS

Pengaruh Persepsi Atas Media Pembelajaran Dan Rasa Percaya Diri Terhadap Prestasi Belajar Sejarah

Alin Arlina (MAHASISWA FAKULTAS PASCA SARJANA UNIVERSITAS UNINDRA GURU SMK PARIWISATA METLAND SCHOOL)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pengaruh persepsi atas media pembelajaran dan rasa percaya diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sejarah siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. 2) Pengaruh persepsi atas media pembelajaran terhadap prestasi belajar sejarah siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. 3) Pengaruh rasa percaya diri terhadap prestasi belajar sejarah siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik korelasional, regresi linier berganda dengan jumlah sampel 85 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran belajar dan rasa percaya diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Sejarah siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 23,379. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran terhadap prestasi belajar Sejarah siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,023 < 0,05 dan thitung = 2,325. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan rasa percaya diri terhadap prestasi belajar Sejarah siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,019 < 0,05 dan thitung = 2,391.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

herodotus

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal yang menerbitkan artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang sosial dari berbagai macam disiplin ilmu seperti Pendidikan, komunikasi, ekonomi, humaniora, ...