Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pengaruh persepsi atas media pembelajaran dan rasa percaya diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sejarah siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. 2) Pengaruh persepsi atas media pembelajaran terhadap prestasi belajar sejarah siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. 3) Pengaruh rasa percaya diri terhadap prestasi belajar sejarah siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik korelasional, regresi linier berganda dengan jumlah sampel 85 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran belajar dan rasa percaya diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Sejarah siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 23,379. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas media pembelajaran terhadap prestasi belajar Sejarah siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,023 < 0,05 dan thitung = 2,325. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan rasa percaya diri terhadap prestasi belajar Sejarah siswa SMK Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,019 < 0,05 dan thitung = 2,391.
Copyrights © 2023