Tingkat sosial ekonomi Orang Tua, Motivasi Siswa, Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini merupakan survei dan bertujuan untuk menemukan dan menganalisis secara empiris pengaruh tingkat sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, motivasi belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, pengaruh tingkat sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Populasi terjangkau pada penelitian ini adalah siswa kelas VII di 3 SMP Swasta di Kota Tangerang dengan sampel 86. Sampel penelitian diperoleh melalui metode simple random sampling yaitu peneliti mencampurkan subyek-subyek didalam populasi sehingga semua subyek dianggap sama. Pengumpulaan data menggunakan instrument : angket, dan pengumpulan nilai raport IPS siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2018 sampai bulan Mei 2018. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan tingkat sosial ekonomi orang tua (X1) dan motivasi siswa (X2) terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Y), hal ini dibuktikan dengan nilai sig.0,000 < 0,05 dan Fhitung = 14,576. Variabel tingkat sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama memberikan konstribusi sebesar 26,0% terhadap prestasi belajar IPS. Hal ini terlihat dari koefisien determinasi (R Square = 0,260). 2) Terdapat pengaruh yang signifikan tingkat sosial ekonomi orang tua (X1) terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Y), hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0,004 < 0,05 dan thitung = 2,973. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar (X2) terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Y), hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0,001 < 0,05 dan thitung = 3,344 . Persamaan regresi yang dihasilkan yaitu Y ? = 18,186 + 0,329 X1 + 0,359 X2.
Copyrights © 2020